Kanada Terjunkan Angkatan Udara Hadapi Banjir, Provinsi BC Umumkan Status Darurat
pixabay.com/Ilustrasi/Hermann
Dunia

Hujan lebat telah mengakibatkan tanah longsor yang turut menghancurkan beberapa jalan utama. Setidaknya satu orang dilaporkan tewas akibat bencana itu.

WowKeren - Perdana menteri provinsi British Columbia (BC) Kanada John Horgan pada haru Rabu (17/11) telah mengumumkan keadaan darurat banjir bagi provinsi itu. Banjir dan tanah longsor di sana tak hanya menyebabkan kekurangan makanan, namun juga membuat pengendara terdampar.

Pengumuman itu disampaikan setelah pemerintah Kanada mengatakan akan mengirim angkatan udara ke daerah itu. Pengiriman tentara dimaksudkan untuk membantu proses evakuasi dan mendukung jalur pasokan yang terputus oleh lumpur dan naiknya air yang dipicu oleh hujan lebat.

Keadaan darurat memungkinkan para pemimpin provinsi untuk mengambil tindakan ekstrem. Tak hanya membatasi perjalanan yang tidak penting namun juga bisa menggunakan cara lain untuk memulihkan rute pasokan.


Hujan lebat telah mengakibatkan tanah longsor yang turut menghancurkan beberapa jalan utama. Setidaknya satu orang dilaporkan tewas akibat bencana itu. Para pejabat memperingatkan jumlah korban tewas bisa meningkat. Sedangkan hujan diperkirakan masih akan mengguyur selama beberapa hari mendatang.

Pada hari yang sama Menteri Keamanan Publik Federal Bill Blair mengatakan pasukan militer juga akan melindungi penduduk dari banjir atau tanah longsor lebih lanjut. Helikopter militer telah membantu mengevakuasi sekitar 300 orang dari satu jalan raya di mana orang-orang terjebak di mobil mereka pada Senin (15/11) malam. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memastikan bahwa pemerintah federal sudah berkoordinasi dengan otoritas lokal.

"Hujan deras telah menyebabkan banjir mengerikan yang telah mengganggu kehidupan dan merenggut nyawa orang-orang di seluruh BC," ujarnya. "Saya ingin orang tahu bahwa pemerintah federal telah terlibat dengan otoritas lokal."

"Kami tak hanya mengirim sumber daya seperti Angkatan Bersenjata Kanada untuk mendukung orang-orang, tetapi kami juga akan berada di sana untuk pembersihan dan pembangunan kembali setelah dampak peristiwa cuaca ekstrem ini," lanjut Trudeau. Sementara itu, beberapa kota telah benar-benar terdampak dan persediaan makanan mulai menipis di kota Hope, 160 km dari Vancouver.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait