Sayang untuk Dilewatkan, Gerhana Bulan Sebagian 18-19 November Jadi Yang Terlama Sejak Tahun 1440
pixabay.com/Ilustrasi/ktphotography
Dunia

Fenomena ini dapat dilihat di seluruh Amerika Utara, serta sebagian Amerika Selatan, Polinesia, Australia, dan Asia timur laut pada Kamis-Jumat (18-19 November).

WowKeren - Fenomena langit malam berupa gerhana bulan akan terjadi pada Kamis hingga Jumat, 18-19 November tahun ini. Gerhana bulan parsial ini diperkirakan akan memiliki durasi yang lama, bahkan terlama sejak 600 tahun lalu.

Fenomena celestial akan menempatkan Bulan hampir sepenuhnya terlempar dalam bayangan saat bergerak di belakang Bumi. Kondisi ini akan menyebabkan warna merah di 99 persen permukaannya yang terlihat. Fenomena ini dapat dilihat di seluruh Amerika Utara, serta sebagian Amerika Selatan, Polinesia, Australia, dan Asia timur laut.

Ilmuwan luar angkasa mengatakan pengamat langit yang ada di wilayah-wilayah tersebut akan melihat sedikit peredupan Bulan mulai Jumat pukul 06:02 GMT saat memasuki penumbra Bumi, bayangan luar. Tentu saja, proses ini biasa diamati jika tidak ada awan yang mengganggu pemandangan.


Satu jam kemudian akan muncul seolah-olah seseorang telah menggigit bulan saat mulai masuk ke umbra, bayangan penuh. Pada 08:45 GMT, Bulan akan tampak merah, dengan warna yang paling jelas terlihat pada puncak gerhana 18 menit kemudian.

Seluruh proses kemudian menjadi terbalik saat Bulan meluncur keluar dari bayangan dan melakukan perjalanan tanpa akhir mengelilingi Bumi. Adapun warna merah dramatis yang dihasilkan dari fenomena itu disebabkan oleh apa yang disebut "hamburan Rayleigh".

Fenomena itu terjadi ketika gelombang cahaya biru yang lebih pendek dari Matahari disebarkan oleh partikel di atmosfer bumi. Gelombang cahaya merah, yang lebih panjang, dengan mudah melewati partikel-partikel ini. "Semakin banyak debu atau awan di atmosfer Bumi selama gerhana, semakin merah Bulan akan muncul," jelas situs web NASA.

Dari saat gerhana dimulai yakni ketika Bulan memasuki bayangan Bumi, hingga saat berakhir akan memakan waktu lebih dari tiga jam 28 menit. Itu adalah gerhana parsial terlama sejak tahun 1440. Menariknya lagi, setelah ini diperkirakan tidak akan ada lagi gerhana bulan sebagian selama itu hingga tahun 2669 nanti.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait