Taiwan Nekat Buka Kedutaan De Facto di Lituania Meski Ada Tekanan dari Tiongkok
pixabay.com/Ilustrasi/Makalu
Dunia

Langkah ini sebelumnya ditentang keras oleh Tiongkok. Dalam beberapa bulan terakhir, Beijing telah mengisyaratkan penentangan terhadap langkah diplomatik semacam itu.

WowKeren - Taiwan pada Kamis (18/11) memutuskan untuk mengambil langkah lebih jauh dengan membuka kedutaan de facto di salah satu negara Baltik, Lituania. Pulau Asia, yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya, membuka kantor diplomatik di ibu kota Lituania, Vilnius.

Meski secara teknis bukan kedutaan resmi, kantor diplomatik tersebut efektif berfungsi sebagai kantor diplomat di negara yang tidak resmi memiliki hubungan luar negeri dengan Taiwan. Itu disebut Kantor Perwakilan Taiwan di Lithuania.

Kantor tersebut akan dipimpin oleh Eric Huang, kepala misi Taipei di Latvia. Langkah ini sebelumnya ditentang keras oleh Tiongkok. Dalam beberapa bulan terakhir, Beijing telah mengisyaratkan penentangan terhadap langkah diplomatik semacam itu.

Pada Agustus lalu, Tiongkok telah menarik duta besarnya untuk Lituania dan sebaliknya juga menuntut agar Lituania menarik duta besarnya di Beijing. Sedangkan terkait kerja sama dengan Taiwan, Lituania juga telah setuju untuk membuka kantor di Taiwan, tetapi belum tahu persis kapan itu akan terjadi.


Kantor baru Taiwan adalah pos diplomatik baru pertama dalam 18 tahun. Selama beberapa dekade, Tiongkok telah secara aktif berusaha untuk membendung upaya Taiwan sebagai pulau berdaulat.

Berbagai upaya pun dilakukan Tiongkok untuk tetap mendapatkan kontrol atas pulau itu. Keduanya sama-sama mengklaim nama "Tiongkok" dengan daratan yang dikenal sebagai Republik Rakyat Tiongkok, dan Taiwan secara resmi adalah Republik Tiongkok.

Sejauh ini, sebagian besar negara telah mengadopsi "Kebijakan Satu Tiongkok", di mana mereka secara resmi hanya mengakui Tiongkok daratan. Hanya 15 negara yang memiliki hubungan formal dengan pulau itu.

Perseteruan antara Taiwan dengan Tiongkok masih terus bergulir. Bulan lalu, Taiwan juga menegaskan bahwa rakyatnya tidak akan tunduk kepada tekanan Tiongkok. Tak hanya itu, Taiwan juga akan berupaya untuk terus mempertahankan demokrasinya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru