Thailand Bangun Jembatan Darat Sepanjang 100 Km dengan Kapasitas Saingi Hong Kong
Dunia

Jembatan darat itu akan membentang sepanjang 100 kilometer. Selain jalan utama, jembatan juga akan memungkinkan kereta api meluncur untuk menghubungkan pelabuhan laut di kedua pantai.

WowKeren - Kementerian Perhubungan Thailand mengatakan megaproyek jembatan darat yang diusulkan akan menjadi pelabuhan transit utama, dengan kapasitas yang menyaingi Hong Kong. Jembatan ini akan menghubungkan Chumphon di pantai timur Teluk Thailand ke Ranong di Laut Andaman.

Setelah pertemuan tentang proyek Koridor Ekonomi Selatan, Menteri Transportasi Saksayam Chidchob mengatakan jembatan darat akan mampu menangani sekitar 20 juta unit kargo per tahun. Ini setara dengan kapasitas pelabuhan di Hong Kong yang merupakan pelabuhan tersibuk kedelapan di dunia, kata menteri.

Jembatan tersebut memungkinkan lalu lintas laut untuk melewati perairan padat di lepas pantai Singapura. Dia mendesak semua pemangku kepentingan untuk membuat desain yang akan menurunkan waktu transit secara signifikan di bawah rute lain di wilayah tersebut.


Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan peluang agar jembatan itu menjadi rute pilihan antara Samudra Hindia dan Pasifik. Kementerian juga berencana untuk mengembangkan infrastruktur pendukung kawasan tersebut.

Dengan begitu, pemerintah bisa mempromosikan jembatan darat itu sebagai pusat transit dan menarik investasi internasional. Nantinya, jembatan ini akan dilengkapi dengan terminal peti kemas otomatis untuk meningkatkan efisiensi muatan peti kemas.

Dengan adanya otomatisasi ini pada akhirnya akan menghasilkan perjalanan yang lebih mulus dari pantai ke pantai, kata menteri. Saksayam mengatakan ke depannya nanti pemerintah akan terus memberi informasi kepada masyarakat tentang dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari proyek tersebut.

Proyek jembatan darat diusulkan setelah Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mengatakan proyek andalan pemerintah, Koridor Ekonomi Timur (EEC), tidak akan cukup untuk menggerakkan ekonomi Thailand. Jembatan darat itu akan membentang sekitar 100 kilometer antara Teluk Thailand dan Andaman. Selain jalan utama, jembatan juga akan memungkinkan kereta api meluncur untuk menghubungkan pelabuhan laut di kedua pantai.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts