Yunani Wajibkan Vaksinasi COVID-19 Pada Lansia, yang Tak Mau Divaksin Dikenai Denda Rp1,6 Juta
Dunia

Vaksinasi COVID-19 di masa pandemi seperti sekarang ini menjadi hal wajib untuk dilakukan. Di Yunani, vaksinasi COVID-19 bakal diwajibkan bagi lansia di atas usia 60 tahun mulai Januari mendatang.

WowKeren - Pada Selasa (1/12), Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyampaikan sebuah pengumuman mengenai kewajiban vaksinasi COVID-19 bagi orang dewasa di atas usia 60 tahun atau lansia. Tak hanya itu, ia bahkan juga berencana akan mengenakan denda kepada mereka yang tidak mau divaksin.

"Orang-orang Yunani yang berusia di atas 60 tahun, harus membuat janji temu mereka untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama pada 16 Januari," tutur Mitsotakis dalam sebuah pernyataan kepada kabinetnya. "Vaksinasi mereka selanjutnya wajib."

Lebih lanjut, Mitsotakis mengatakan bahwa mereka yang tidak divaksinasi COVID-19 akan didenda sebesar USD113 atau setara dengan Rp1,6 juta per bulan mulai pertengahan Januari. Nnatinya, dana yang terkumpul dari denda tersebut akan digunakan untuk sistem kesehatan di Yunani, yang dibebani dengan meningkatnya rawat inap terkait pandemi COVID-19.


Menurut Mitsotakis, denda tersebut bukanlah hukuman, melainkan sebagai biaya kesehatan. Sementara itu, Yunani telah melaporkan 7.486 kasus baru COVID-19 pada Selasa (30/11), di tengah rekor lonjakan kasus yang tinggi sejak awal pandemi.

Melansir UPI, Yunani juga melaporkan 90 kematian akibat COVID-19, yang terlepas dari rekor jumlah kasus. Angka ini disebut hampir setara dengan dua lonjakan kematian sebelumnya pada November 2020 dan musim semi 2021. Sejak awal pandemi COVID-19, Yunani telah memiliki lebih dari 900 ribu kasus aktif dan 18 ribu kematian.

Sementara untuk persyaratan vaksinasi COVID-19 yang dikeluarkan oleh Mitsotakis akan diajukan sebelum pemungutan suara di parlemen Yunani, di mana langkah itu diperkirakan akan disahkan. Apabila hasilnya banyak yang setuju, maka Yunani akan menjadi negara pertama di Uni Eropa yang mewajibkan vaksinasi untuk masyarakat berdasarkan kelompok usia.

Mengenai kewajiban vaksinasi COVID-19, negara Eropa lainnya yakni Austria diketahui akan mulai mewajibkannya untuk semua masyarakat mulai Februari mendatang. Untuk tingkat vaksinasi lansia di Yunani sendiri telah mencapai sekitar 83 persen.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait