Susul AS, Australia Bakal Ikut Boikot Olimpiade Beijing Secara Diplomatis
pixabay.com/Ilustrasi/pattyjansen
Dunia

Sebagaimana diketahui, hubungan antara Tiongkok dan Australia memang telah menegang belakangan ini. Hal itu salah satunya dipicu oleh faktor perdagangan.

WowKeren - Amerika Serikat telah mengambil langkah untuk melakukan boikot diplomatis terhadap gelaran Olimpiade Beijing tahun depan. Kini, langkah itu diikuti oleh Australia.

Pengumuman ini disampaikan oleh Perdana Menteri negara itu Scott Morrison pada Rabu (8/12). Kepada wartawan, ia mengatakan bahwa dia membuat keputusan karena pemerintahnya telah ditolak dalam upayanya untuk membahas dengan Tiongkok dugaan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang barat jauh serta berbagai masalah lain yang menjadi perhatian.

Australia tetap akan mengirimkan delegasi atlet mereka ke gelaran itu. Namun, mereka tidak akan mengutus orang dari pemerintahan.

"Jadi tidak mengherankan," kata Morrison. "Oleh karena itu, pejabat pemerintah Australia karena itu tidak akan pergi ke Tiongkok untuk pertandingan itu. Namun, atlet Australia akan berpartisipasi."


Sebagaimana diketahui, hubungan antara Tiongkok dan Australia memang telah menegang belakangan ini. Hal itu dipicu oleh faktor perdagangan dan ketegangan lainnya termasuk seruan Canberra untuk penyelidikan tentang asal-usul virus corona penyebab COVID-19.

Sementara itu, Beijing telah memberlakukan pembekuan pada semua pertemuan tingkat menteri antara kedua negara. Negara ini juga telah mengenakan tarif pada sejumlah ekspor Australia seperti batu bara, daging sapi, dan anggur.

Sebelumnya pada Senin (6/12), Presiden AS Joe Biden mengatakan Amerika Serikat tidak akan mengirim perwakilan diplomatik ke Olimpiade Beijing, yang akan dibuka pada 4 Februari 2022 nanti. Langkah ini pun tak butuh waktu lama untuk mendapatkan respons keras dari Beijing.

Tiongkok mengkritik AS yang menurutnya menggunakan Olimpiade sebagai panggung untuk pertunjukan dan manipulasi politik. Sementara Jepang, akan membuat keputusan tentang masalah tersebut dengan mempertimbangkan kepentingan nasional bangsanya dan pentingnya acara tersebut.

Selandia Baru juga dilaporkan tidak akan mengirimkan perwakilan diplomatiknya ke Olimpiade. Ada sejumlah alasan yang melatarbelakanginya namun sebagian besar berkaitan dengan masalah terkait COVID-19.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru