Tim Lab Mulai Periksa Penyebab Kebakaran Gedung Cyber 1, Damkar Duga Akibat Korsleting Listrik
Instagram
Nasional

Otoritas berwenang DKI Jakarta menerjunkan Tim Laboratorium untuk memeriksa penyebab kebakaran di Gedung Cyber 1 di Mampang. Kebakaran diketahui menyebabkan 2 orang meninggal dunia.

WowKeren - Kebakaran terjadi di Gedung Cyber Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (2/12). Kebakaran disebut bermula saat percikan api muncul di dalam ruangan server di Lantai 2 Gedung Cyber sekitar pukul 12.00 WIB.

Insiden ini dilaporkan menyebabkan dua orang meninggal dunia, begitu pula dengan banyaknya aplikasi teknologi serta situs yang tidak bisa beroperasi normal. Mengutip ANTARA, pemadaman di lokasi sudah dinyatakan selesai, menyisakan pekerjaan utama untuk mencari tahu penyebab kebakaran.

Lantaran kebakaran bermula dari ruang server, Tim Laboratorium Kebakaran pun diterjunkan ke lokasi untuk mencari tahu penyebab insiden. "Ini ruang server sedang dicek langsung sama Tim Laboratorium Kebakaran," tutur Kepala Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkamat) DKI Jakarta, Mulat Wijayanto, Kamis (2/12).

Hasil dari pemeriksaan Tim Laboratorium Kebakaran ini yang akan membantu petugas mengungkap penyebab kebakaran. Kendati demikian, Mulat mengaku tidak bisa memastikan sejauh mana pemeriksaan akan berlangsung maupun barang apa saja yang akan dibawa dari lokasi untuk diteliti.


Di sisi lain, pemadam kebakaran memastikan api hanya menghanguskan ruang server di Lantai 2 Gedung Cyber. "Lantai 2, ruang server, tidak (merambat ke lantai lain)," kata Kepala Suku Dinas Gulkamat Jakarta Selatan, Helbert PL Gaol. "Asap saja (yang berimbas ke lantai lain)."

Meski penyebab kebakaran masih dalam pemeriksaan, pihak pemadam kebakaran menduga insiden ini bermula dari korsleting listrik. "(Kebakaran) diduga karena adanya hubungan arus pendek," jelas Helbert. Untuk memadamkan api, pihak pemadam kebakaran sampai mengerahkan 22 unit mobil dan 140 personel.

Selain memadamkan api, petugas juga mengevakuasi korban. Ada tiga orang terjebak di lantai dua gedung, di mana salah satunya, SF, meninggal di tempat.

"Yang usia 18 tahun meninggal di lokasi," ujar Mulat. Sedangkan korban lain adalah MRK yang sempat tidak sadarkan diri dan segera dilarikan ke rumah sakit, sayangnya nyawanya pun ikut tidak tertolong.

"Yang satunya lagi meninggal ketika dibawa ke RSUD Mampang," lanjut Mulat. Sedangkan satu korban lagi dinyatakan selamat dan sampai sekarang masih dalam perawatan medis.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru