Birthday Spotlight: Happy Minho Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Minho SHINee yang merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (31 tahun menurut hitungan Korea) pada 9 Desember.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Minho SHINee yang merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (31 tahun menurut hitungan Korea) pada 9 Desember. Ulang tahun kali ini menjadi momen yang spesial bagi dirinya dan para fans.


Choi Minho, lebih dikenal dengan mononim Minho, adalah seorang rapper, penyanyi, aktor, penulis lagu, dan model Korea Selatan. Pada Mei 2008, ia memulai debutnya sebagai anggota boy grup Korea Selatan Shinee yang kemudian menjadi salah satu artis Korea terlaris.

Selain aktivitas grup, ia memulai debutnya sebagai aktor pada November 2010 di drama spesial KBS2 "Pianist". Sejak saat itu ia mendapatkan peran dalam serial televisi seperti "Salamander Guru and The Shadows" (2012), "To the Beautiful You" (2012), "Medical Top Team" (2013), "My First Time" (2015), dan "Hwarang: The Poet Warrior Youth" (2016). Dia membuat debut film fiturnya pada tahun 2016 dengan "Canola". Pada Maret 2019, ia merilis single debut solonya, "I'm Home".

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Minho ditemukan melalui SM Casting System pada tahun 2006 dan menjadi model untuk Ha Sang-beg's Seoul Collection F/W 08–09 pada Maret 2008. Satu bulan kemudian, Minho terpilih sebagai member grup SHINee. Grup beranggotakan lima orang itu memulai debutnya pada 25 Mei 2008 di SBS "Inkigayo". Mini-album pertama mereka, "Replay" dirilis pada 22 Mei dan memulai debutnya di tangga musik Korea MIAK di #10 dan memuncak di #8.

2. Debut


Debut

SHINee memulai debutnya pada Mei 2008 dengan mini album pertama mereka, "Replay", di SBS "Inkigayo". Grup ini mendapat perhatian karena memulai tren mode di kalangan siswa, yang oleh media dijuluki "Tren SHINee". Pada Agustus 2008, grup ini merilis album studio Korea pertama mereka, "The SHINee World", yang memenangkan Newcomer Album of the Year di Golden Disc Awards ke-23.

SHINee semakin mengkonsolidasikan popularitas mereka di kancah musik Korea Selatan dengan single lanjutan "Ring Ding Dong" dan "Lucifer". "Ring Ding Dong" berada di puncak beberapa tangga lagu Korea dan mendapatkan popularitas di seluruh Asia. "Lucifer" dinominasikan untuk Best Dance Performance Award di Mnet Asian Music Awards pada 2010 untuk koreografinya yang luar biasa.

Pada tahun 2012 grup ini merilis "Sherlock", yang menjadi album kelima yang paling banyak terjual tahun ini dengan lebih dari 180.000 eksemplar terjual. SHINee juga telah dimasukkan dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity beberapa kali, sekali pada tahun 2014 dan lagi pada tahun 2016.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Album Korea ketiga SHINee terdiri dari dua versi: bagian pertama, "Dream Girl – The Misconceptions of You", dirilis pada 19 Februari dan bagian kedua, "Why So Serious? – The Misconceptions of Me", dirilis pada 29 April. Title track bagian pertama, "Dream Girl", adalah lagu acid electro funk dan diproduksi oleh Shin Hyuk dan Joombas Music Factory, sedangkan title track bagian kedua, "Why So Serious?", adalah lagu dance funk rock ditulis dan diproduksi oleh Kenzie. Sebuah album kompilasi kemudian dirilis, The Misconceptions of Us, dengan dua lagu baru: "Selene 6.23" dan "Better Off".

Pada November 2013, SHINee memenangkan Artist of the Year di Melon Music Awards, salah satu upacara penghargaan terbesar di negara ini, yang memberikan penghargaan berdasarkan penjualan digital dan suara online. Ini adalah pertama kalinya grup tersebut memenangkan hadiah tersebut. Pada 29 September, SM Entertainment mengumumkan bahwa mini album kelima SHINee, "Everybody", akan dirilis pada 14 Oktober. Pada tanggal 6 November 2013, SM Entertainment mengumumkan festival musik selama seminggu yang disebut "SM Town Week". Konser Shinee, berjudul "The Wizard", membuka acara tersebut pada 21 Desember di Kintex di Ilsan.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada tahun 2009 dan 2010, Minho muncul di kedua versi Korea dan Jepang dari video musik Girls' Generation, "Gee". Dia juga ditampilkan dalam video musik dari lagu debut VNT Sound pada tahun 2010. Pada tahun 2009, Minho bergabung dengan acara populer "Let's Go! Dream Team" sebagai anggota tetap.

Pada tahun 2010, Minho membuat debut aktingnya di drama spesial KBS2, berjudul "Pianist" dengan aktris Han Ji Hye. Pada tahun 2011, Minho berperan dalam sitkom SBS, "Salamander Guru and The Shadows". Dia memainkan peran sebagai hacker jenius. Pada tahun 2012, Minho dikonfirmasi untuk menjadi peran utama bersama Sulli f(x) dan Lee Hyun Woo dalam "To the Beautiful You", adaptasi Korea dari "Hana Kimi".

Pada Juli 2013, Minho kembali ke layar kaca dengan "Medical Top Team" MBC. Pada 2015, Minho berperan sebagai pemeran utama dalam drama OnStyle "My First Time" bersama dengan aktris Park So Dam, yang disiarkan pada bulan September. Pada awal 2016, Minho memperluas popularitasnya sebagai aktor. Dia berperan dalam beberapa proyek, termasuk drama sejarah Korea berjudul "Hwarang: The Poet Warrior Youth", yang ditayangkan pada 19 Desember 2016 di KBS2. Pada 2017, Minho mengambil bagian dalam web drama JTBC berjudul "Somehow 18" bersama Lee Yu Bi.

Pada tahun 2019, Minho mengadakan tur fan meeting, "Best Choi's Minho" yang meliputi empat kota Seoul pada 16 Februari, Tokyo pada 23-24 Februari, Bangkok pada 2 Maret, dan Taipei pada 3 Maret 2019. Pada Januari 2021, Minho melanjutkan aktivitas sebagai bagian dari SHINee. Dia juga meningkatkan partisipasi dalam berbagai acara termasuk penampilan khusus dalam serial web "Lovestruck in the City" dan peran utama dalam reality show "Law of the Jungle – Pioneers".

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama karirnya sebagai member SHINee, Minho tak pernah terjerat kontroversi apa pun dan dinilai memiliki reputasi yang bersih dari skandal. Dirinya juga menuai banyak kekaguman dari publik usai merampungkan tugas wajib militer di Angkatan Laut yang dikenal sangat berat.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Bersama Onew dan [c=Key, Minho akan berpartisipasi dalam album winter SM Entertainment serta konser "SMTOWN SMCU EXPRESS" yang rencananya akan digelar pada 22 Januari 2022. Selain itu, Minho juga masih akan tetap aktif di dunia akting serta sesekali tampil di variety show.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait