Survei Sebut Prabowo-Puan Berpeluang Menang Pilpres 2024, Hanya Bisa Kalah Jika Anies Jadi Capres
Nasional

Survei terbaru dari Indopol Survey & Consulting menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dan Puan Maharani memiliki peluang menang jika berpartisipasi di Pilpres 2024.

WowKeren - Sejumlah nama tokoh politik mulai diperbincangkan sebagai calon kandidat peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Survei terbaru dari Indopol Survey & Consulting menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dan Puan Maharani memiliki peluang menang jika berpartisipasi di Pilpres 2024.

Hanya saja, Prabowo-Puan bisa kalah apabila Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk maju secara Calon Presiden (Capres). Adapun survei ini melakukan simulasi tiga pasangan Capres-Cawapres dengan asumsi terbentuk tiga koalisi partai politik pengusung pada 2024.

"Prabowo-Puan Maharani memiliki peluang memenangkan semua pertarungan, dengan syarat PDIP solid. Prabowo-Puan Maharani hanya bisa dikalahkan oleh pasangan lain dengan posisi Anies Baswedan sebagai RI 1," tulis hasil survei yang dirilis pada Minggu (12/12).

Diketahui, terdapat 1.230 responden yang berpartisipasi dalam survei ini. Indopol Survey & Consulting menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error sekitar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam simulai pertama, pasangan Prabowo-Puan berhasil mencatatkan elektabilitas 20,98 persen. Mereka menang telah atas pasangan Airlangga Hartarto-Anies Baswedan (13,01 persen dan Muhaimin Iskandar-Agus Harimurti Yudhoyono (6,34 persen).


Kemudian dalam simulasi kedua, pasangan Anies-AHY menang dengan elektabilitas 19,76 persen. Mereka mengalahkan Prabowo-Puan (17,07 persen dan Airlangga-Ganjar Pranowo (12,44 persen).

Sedangkan pada simulasi ketiga, pasangan Anies-AHY lagi-lagi unggul dengan perolehan 22,85 persen. Mereka mengalahkan Prabowo-Puan (18,46 persen) dan Airlangga-Gatot Nurmantyo (5,37 persen).

Simulasi keempat dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Ganjar yang meraup angka 34,31 persen. Mereka mengalahkan Puan-Anies (7,40 persen) dan Cak Imin-AHY (5,77 persen).

Kala Prabowo dan Anies dipasangkan dalam simulasi kelima, mereka berhasil menang telah dengan perolehan 33,74 persen. Mereka mengalahkan Airlangga-Ganjar (11,38 persen) dan Puan-Cak Imin (3,41 persen).

Menurut Direktur Eksekutif Indopol, Ratno Sulistiyanto, posisi Anies akan kuat apabila ia maju sebagai Capres. Namun apabila Anies maju sebagai Cawapres, pemilihnya dinilai akan beralih dan bisa dikalahkan Prabowo-Puan.

"Kalau di posisi wakil pilihan pemilihnya itu satu bergeser ke tidak memilih, kedua itu memilih yang lain," papar Ratno kepada CNN Indonesia.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait