Napi Lapas Tangerang Disebut Kabur Usai Dapat Izin Dari Petugas, Kalapas Enggan Beber Kronologi
Nasional

Belum lama ini, Lapas Klas 1A Tangerang 'kecolongan' atas kaburnya satu orang narapidana kasus narkoba. Saat ini, pihak kepolisian diketahui tengah melakukan pencarian napi tersebut.

WowKeren - Baru-baru ini, Narapidana kasus narkoba disebut telah melarikan diri dari Lapas Klas 1A Tangerang. Napi yang melarikan diri ini diketahui kabur melalui tempat cucian usai mendapatkan izin keluar oleh petugas.

Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten menerangkan bahwa napi yang diketahui berinisial A itu memang bekerja di steam mobil milik lapas tersebut. Adapun tempat cucian mobil itu berada di pelataran lapas.

Berdasarkan keterangan dari Kemenkumham Banten, pada kala itu, napi tersebut meminta izin keluar kepada petugas lapas yang berjaga. Saat telah mendapatkan izin dari petugas, napi tersebut langsung kabur melarikan diri pada 8 Desember lalu.

"Iya diizinkan keluar, kemudian lari gitu," papar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Agus Toyib, Minggu (12/12). "Iya, dari situ keluar di pintu pencucian mobil lari gitu, jadi bukan kabur dari dalam lompat tembok, tapi napi ini ada proses izin keluar, kemudian saat berada di luar itu gitu aja."


Agus lantas menuturlam bahwa saat ini, pihaknya masih meminta keterangan dari petugas yang berjaga di tempat cucian mobil. Namun ia belum menyatakan jumlah petugas yang diperiksa. Sementara itu, tim Ditjenpas juga ikut dikerahkan dalam pemeriksaan ini.

"Jadi napi ini kan ada di luar, kemudian lari gitu ya, nah kemudian yang di luar ini ada yang ngawasi kan, jadi ini lagi dimintain keterangan ke pihak ini dulu baru ke atas," ujar Agus.

Sementara itu, Plh Kepala Lapas Klas 1A Tangerang, Nirhono Jatmokoadi menuturkan bahwa polisi tengah melakukan pencarian terhadap A. "Kami sedang melakukan pencarian, pihak kepolisian, semua segera tercapai dan tertangkap kembali," tutur Nirhono kepada Kompas.com, Senin (13/12).

Nirhono mengungkapkan pihak kepolisian yang turut bekerja sama dengan Lapas Klas 1A Tangerang adalah Polda Riau. Sementara saat disinggung mengenai kronologi kejadian, Nirhono enggan memberikan penjelasan lebih lanjut.

Nirhono menerangkan bahwa saat ini, data yang dimiliki soal kronologi kejadian belum lengkap. "Kita lagi fokus pencarian, nanti saja (mengungkap kronologi) kalau si A sudah ketangkap," tegas Nirhono.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru