BMKG Deteksi Tsunami di Marapokot dan Reo Usai Gempa NTT M 7,4
bmkg.go.id
Nasional

Dalam pemutakhirannya, BMKG menyatakan bahwa tsunami akibat gempa magnitudo 7,4 telah terdeteksi di Maropokot dan Reo, NTT, pada Selasa (14/12) hari ini.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini tsunami untuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12). Diketahui, gempa dengan magnitudo 7,4 telah menggoncang wilayah tersebut pukul 10.20 WIB.

Dalam pemutakhirannya, BMKG menyatakan bahwa tsunami akibat gempa magnitudo 7,4 telah terdeteksi di Maropokot, NTT, pada pukul 10.36 WIB. Tsunami juga terdeteksi di Reo, NTT, pada pukul 10.39 WIB. Tsunami di kedua wilayah tersebut tercatat memiliki ketinggian 0,07 meter.

"Ikuti arahan peringatan dini TSUNAMI dari BPBD, BNPB dan BMKG," demikian saran yang dituliskan BMKG di laman resminya.

Sementara berdasarkan pemodelan, terdapat empat wilayah di NTT yang berstatus "Waspada" tsunami. Antara lain Flores, Pulau Sikka, Sikka Bagian Utara, dan Pulau Lembata.


"Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status 'Waspada' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai," demikian keterangan BMKG.

Selain "Waspada", BMKG juga memiliki dua status peringatan lain, yakni "Siaga" dan "Awas". Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" disarankan untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

"Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status 'Awas' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh," demikian keterangan BMKG.

Di sisi lain, gempa dengan magnitudo 7,4 dirasakan hingga ke seluruh NTT. Warga di Kabupaten Sumba Timur kaget dan bahkan lari keluar rumah kala merasakan goncangan tersebut.

"Kami ada di ruangan kerja tadi, tiba-tiba rasa guncangan, kaget tadi, kami lari keluar. Semoga tidak apa-apa, untung juga anak anak tidak ada lagi di sekolah," ujar Tenaga Tata Usaha pada TK pembina Pandawai di Kawangu, Sumba Timur, kepada MPI.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait