Polri Beri Izin Gelar Pertandingan Uji Coba Liga 1 Dan 2 Dihadiri Penonton Langsung, Ini Syaratnya
https://gbk.id/
Nasional

Kabar baik bagi penggemar sepak bola di Indonesia. Polri diketahui telah memberikan izin pada penyelenggaraan uji coba liga 1 dan 2 dengan dihadiri penonton secara langsung.

WowKeren - Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berlevel seperti yang diterapkan saat ini, pemerintah menerapkan kebijakan pengetatan. Di antaranya adalah kegiatan berolahraga.

Jika pada penerapan PPKM sebelumnya, pertandingan yang digelar tidak diizinkan dihadiri penoton secara langsung, namun tampaknya berbeda dengan kali ini. Polri diketahui memberikan izin kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan uji coba penyelenggaraan sepak bola liga 1 dan 2 dengan dihadiri oleh penonton secara langsung.

Irjen Dedi Prasetyo selaku Kepala Divisi Humas Polri menuturkan bahwa uji coba penonton itu diberikan dengan syarat kapasitas kehadiran fisik dilakukan secara terbatas. Mengingat saat ini Indonesia masih diselimuti pandemi COVID-19. "Polri memberikan izin uji coba penyelenggaraan Liga 1 dan 2 dengan dihadiri penonton yang terbatas," tutur Dedi kepada wartawan, Rabu (15/12).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan bahwa pemberian izin uji coba dengan kehadiran penonton terbatas ini juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan tertib. Kemudian, ia juga memastikan bahwa aparat kepolisian akan ikut turun ke lapangan untuk mengecek implementasi prokes di lapangan.


"Kami melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan sepak bola di Tanah Air," ujar Dedi. "Tetapi kami tetap menekankan penerapan prokes harus tetap dilakukan dengan ketat."

Dedi menerangkan bahwa uji coba pertandingan liga 1 dan 2 akan digelar di wilayah yang laju pertumbuhan COVID-19 dinilai masih landai. Kemudian ia juga menegaskan bagi para penonton yang hadir secara langsung di lapangan untuk tetap menggunakan masker dari awal hingga akhir pertandingan.

Selain itu, kata Dedi, penonton juga harus dan wajib memiliki sertifikat vaksin COVID-19 dengan dosis lengkap. Tidak hanya itu, sebelum memasuki arena pertandingan, penonton juga harus mengakses melalui aplikasi PeduliLindungi. "Semua penonton, pemain, pihak sponsor hingga ofisial harus benar-benar memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik," imbuhnya.

Mengenai pemberian izin uji coba penonton terbatas ini, Dedi mengungkapkan telah melakukan koordinasi dan komunikasi kepada seluruh pihak terkait. Kemudian, pihaknya juga akan tetap melakukan evaluasi rutin. "Sehingga pelaksanaan tetap berjalan dengan baik, namun faktor kesehatan harus tetap dikedepankan," tandas Dedi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait