RI Konfirmasi Lagi 2 Kasus COVID-19 Omicron, Satgas Ungkap Berstatus OTG
AFP
Nasional

Ketua Satgas COVID-19 mengklaim pasien IKWJ dan M yang sudah dikonfirmasi terpapar virus Corona varian Omicron pada Sabtu (18/12) tidak mengalami gejala alias berstatus OTG.

WowKeren - Pemerintah mengonfirmasi tambahan 2 kasus positif COVID-19 akibat varian Omicron (B.1.1.529) pada Sabtu (18/12). Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Suharyanto, menyebut bahwa kedua pasien berstatus tanpa gejala.

"Keduanya tanpa gejala," kata Suharyanto kepada Kompas. Saat ini keduanya tengah menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran.

Dituturkan lebih lanjut, pasien dengan inisial IKWJ baru pulang dari Amerika Selatan dan kini dirawat di Lantai 6 Tower 6 Wisma Atlet. Sedangkan pasien M mempunyai riwayat perjalanan dari Inggris dan kini tengah dirawat di Lantai 19 Tower 5 Wisma Atlet.

Sebelumnya Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, menyebut bahwa kedua kasus baru varian Omicron itu termasuk lima probable yang sebelumnya disampaikan. Berbeda dengan N selaku pasien COVID-19 Omicron perdana, IKWJ dan M memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.


"Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet," papar Siti Nadia dalam keterangan tertulisnya.

Dengan demikian, saat ini sudah ada 3 kasus positif COVID-19 Omicron di Indonesia. Karena itulah, Siti Nadia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tak melanjutkan perjalanan internasional lantaran laju penyebaran varian Omicron terbukti sangat cepat.

"Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari COVID-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini," tegas Siti Nadia.

"Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular COVID-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini," imbuhnya menegaskan. "Jadi saya tegaskan kembali agar tidak bepergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait