Mengandung Bahan Penyebab Kanker, P&G Tarik Produk Sampo dan Kondisioner
AP Photo/John Minchillo
Dunia

Sejumlah produk rumah tangga yang terdampak termasuk sampo kering dari Pantene, Aussie, dan Herbal Essences yang menurut tinjauan mengandung karsinogen benzena.

WowKeren - Procter & Gamble (P&G) telah menyerukan penarikan produk secara sukarela dari para konsumennya. Penarikan ini melibatkan produk yang berupa kondisioner dan sampo yang dijual di Amerika Serikat maupun Kanada.

Bukan tanpa alasan, keputusan itu dibuat lantaran di antara produknya, ada beberapa yang mengandung bahan kimia yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker. Penarikan itu mencakup hampir tiga lusin produk.

Produk-produk itu rupanya mengandung kadar karsinogen benzena yang meningkat dan tak terduga. Sejumlah produk rumah tangga yang terdampak termasuk sampo spray kering dari Pantene, Aussie, Herbal Essences, dan Waterless.

Dampak yang ditimbulkan oleh zat kimia tersebut memang tidak main-main. Perusahaan memperingatkan bahwa paparan benzena melalui inhalasi, oral ataupun melalui kulit dapat menyebabkan leukemia dan kanker darah di sumsum tulang.


Hingga kini, pihak perusahaan mengatakan belum menerima laporan mengenai masalah yang ditimbulkan terkait produk yang ditarik kembali. Sedangkan perusahaan menyerukan penarikan sukarela itu adalah semata karena ingin berhati-hati dan sebagai upaya antisipasi.

Melalui sebuah pernyataan, P&G mengatakan bahwa produk mereka pada dasarnya sama sekali tidak memakai bahan benzena. Berdasarkan tinjauan yang dilakukan, mereka menyebut bahwa itu berasal dari propelan penyemprot.

"Meskipun benzena bukan bahan dalam produk kami," kata perusahaan. "Tinjauan kami menunjukkan bahwa tingkat benzena yang tidak terduga berasal dari propelan yang menyemprotkan produk dari kaleng."

Sebagaimana diketahui, P&G memang telah banyak memproduksi produk perawatan rambut seperti mousse, hairspray, sampo dan kondisioner cair, serta produk penataan rambut. Adapun langkah penarikan produk ini bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh perusahaan. Bulan lalu, P&G sempat menarik kembali semprotan aerosol Old Spice and Secret setelah mendeteksi adanya benzena dalam produk tersebut.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait