2 Warga Surabaya Positif Omicron, Sempat Berlibur ke Bali dan Menginap di Nusa Dua
Nasional

Menurut Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, kedua pasien Omicron tersebut masih satu keluarga. Mereka terdeteksi terpapar Omicron setelah pulang liburan dari Bali.

WowKeren - Dua orang warga Surabaya, Jawa Timur, diidentifikasi terpapar COVID-19 Varian Omicron dan kini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit. Keduanya disebut hanya mengalami gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

Menurut Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, kedua pasien tersebut masih satu keluarga. Pasien tersebut terdeteksi terpapar Omicron setelah pulang liburan dari Bali.

"Ada yang pulang dari berlibur di Bali, lalu terdeteksi COVID (varian omicron). Lalu dilakukan tracing kepada keluarga terdekat yang berlibur bersama, ternyata ada orang satu lagi. Keduanya OTG, mereka masih satu klaster," ungkap Eri kepada Suara Surabaya, Minggu (2/1).

Terkait temuan ini, Dinas Kesehatan Provinsi Bali langsung menerjunkan tim ke lokasi pasien tersebut menginap selama di Pulau Dewata. Dinkes Bali disebut telah melakukan tracing terhadap kontak erat sang pasien di tempatnya menginap.

"Sudah dilakukan tracing pada kontak erat di tempat menginap dan besok dilanjutkan dengan swab PCR," papar Kepala Dinkes Bali, Ketut Suarjaya, kepada Kompas.com.


Suarjaya menjelaskan bahwa warga Surabaya tersebut datang ke Bali dengan menggunakan jalur darat. Mereka sempat mengunjungi sejumlah tempat di Bali dalam periode 20-25 Desember 2021.

"Wisatawan domestik dari Surabaya," terangnya. "Dia (lewat) darat, pakai mobil pribadi dari Surabaya, dia menginap di daerah Sawangan Nusa Dua."

Lebih lanjut, Suarjaya memastikan bahwa seluruh tempat yang sempat dikunjungi pasien Omicron tersebut akan dilacak. Orang-orang yang termasuk dalam kategori kontak erat juga akan diminta menjalani tes swab PCR.

Untuk saat ini, Dinkes Bali fokus pada kontak erat di tempat pasien tersebut menginap. Namun Suarjaya belum mengungkapkan ada berapa kontak erat pasien Omicron di lokasi tersebut.

"Jumlahnya (kontak erat) saya tidak hafal, tapi tim Dinkes sudah ke lokasi dan besok di-swab PCR," katanya. "(Sampel swab dikirim) Ke Litbangkes, karena yang kasus ini (wisawatan Surabaya) sudah Omicron kan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru