Lebih Dari 4.000 Ribu Penerbangan Global Dibatalkan di Awal Tahun 2022 Akibat Omicron
AP Photo/Francois Mori
Dunia

Menurut situs web FlightAware.com, lebih dari 2.400 penerbangan masuk, berangkat dari, atau di dalam Amerika Serikat dibatalkan pada Minggu (2/1) pukul 8 malam waktu setempat.

WowKeren - Tahun Baru 2022 dibuka dengan pembatalan ribuan penerbangan di seluruh dunia. Pada Minggu (2/1), lebih dari 4.000 penerbangan dibatalkan, lebih dari separuhnya merupakan penerbangan dari dan ke Amerika Serikat (AS).

Menurut situs web FlightAware.com, lebih dari 2.400 penerbangan masuk, berangkat dari, atau di dalam Amerika Serikat dibatalkan pada Minggu pukul 8 malam waktu setempat. Secara global, ada lebih dari 11.200 penerbangan yang ditunda.

SkyWest dan SouthWest menjadi maskapai penerbangan dengan jumlah pembatalan terbanyak. Menurut FlightAware.com, maskapai SkyWest membatalkan 510 penerbangan, sedangkan SouthWest membatalkan 419 penerbangan.

Penyebaran cepat COVID-19 Varian Omicron yang sangat menular telah menyebabkan jumlah kasus infeksi mengalami peningkatan tajam. Hal ini memaksa maskapai penerbangan untuk membatalkan penerbangan karena pilot dan awak kabin dikarantina.


Agen transportasi di seluruh Amerika Serikat juga menangguhkan atau mengurangi layanan karena kekurangan staf akibat COVID-19. Meningkatnya kasus COVID di AS telah menyebabkan beberapa perusahaan mengubah rencana untuk menambah jumlah karyawan yang bekerja dari kantor mereka mulai Senin (3/1).

Di sisi lain, Amerika Serikat mencatatkan 346.869 kasus COVID-19 baru pada Sabtu (1/1). Jumlah kasus kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat juga bertambah sebanyak 377 kasus menjadi 828.562.

Awak kabin maskapai penerbangan AS, pilot, dan staf pendukung enggan bekerja lembur selama liburan, meskipun ada tawaran insentif keuangan yang besar. Banyak yang takut tertular COVID-19 dan tidak menyambut prospek berurusan dengan penumpang yang sulit diatur, kata beberapa serikat pekerja maskapai penerbangan.

Sebelumnya, situs FlightAware.com juga mencatat lebih dari 4.300 penerbangan komersial di berbagai penjuru dunia dibatalkan di momen Natal 2021. Berbagai maskapai membatalkan setidaknya 2.366 penerbangan pada Jumat (24/12) yang notabene merupakan malam Natal dan umumnya padat akan mobilitas. Sedangkan 1.616 penerbangan di berbagai penjuru dunia pada hari Natal, yakni Sabtu (25/12), turut dibatalkan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait