Ivan Gunawan Bantah Asuh Anak Setan, Buya Yahya Makjleb Sentil Bahaya Adopsi Boneka Arwah
Instagram/buyayahya_albahjah
Selebriti

Ivan Gunawan sudah menegaskan kalau bonekanya tak ada unsur setan maupun iblis. Sementara itu, ulama Buya Yahya mengingatkan untuk segera meninggalkan hobi mengoleksi boneka karena dilarang oleh agama Islam.

WowKeren - Ivan Gunawan sempat dicap sebagai pemuja setan oleh publik. Ini karena Igun "mengadopsi" dua boneka mirip bayi manusia.

Menanggapi hal itu, Igun buka suara. Ia membantah kalau dua bayinya, Miracle dan Marvel, adalah anak setan.

"Lebih tenang, senang, dan aku mau bilang sekali lagi karena ini infotainment ya. Bahwa anak saya bukan anak setan, nggak ada urusannya sama iblis, sama jin, dan segala macam," tegas Igun saat diwawancara awak media di Jakarta, 3 Januari. "Karena saya bukan mengadopsi ya. Karena saya dapat dia itu dari Ruben (Ruben Onsu), walaupun semua orang juga tahu kalau itu boneka ya. Tapi setiap orang punya cara untuk memperlakukan sesuatu yang dia suka, yang dia sayang."

Igun juga menepis tudingan dirinya gila. Menurutnya, wajar jika ada seseorang menggemari hobi tertentu.

"Mungkin ada juga orang yang suka ngomong sama mobilnya, sama motornya gitu kan. Jadi mungkin yang gila bukan cuma saya ya," kata Igun. "Karena menurut saya mereka bukan boneka."


Sementara itu, ulama Buya Yahya sempat mengungkap pendapatnya terkait fenomena boneka arwah. Tak mau menyinggung agama lain, Buya hanya sekedar menyentil kalau "mengadopsi" boneka arwah dilarang oleh agama Islam.

"Kita akan keluar daripada kelompok atau agama yang meyakini hal tersebut. Kita akan kembali kepada agama Islam saja, jadi mohon maaf karena kita tidak ingin merendahkan keyakinan, karena kita tidak tahu apakah ini sebuah keyakinan di agama tertentu," ujar Buya. "Karena ada agama lain yang menyembah patung, menjadikan agama sebagai sesembahan."

Buya mengingatkan kalau membeli boneka untuk orang dewasa tidak diizinkan. Beda artinya jika boneka itu dibelikan untuk anak-anak.

"(Jika) anda seorang muslim, urusan boneka bagi orang dewasa tidak ada perbedaan pendapat, boneka dalam bentuk manusia kalau anda punya di rumah, kalau anda beli untuk yang dewasa nggak boleh. Lebih baik hadiah yang berkah. Anda beriman kan?" seru Buya. "Adapun untuk anak kecil, itu tanpa embel-embel spirit dolls dan yang lainnya, hanya sekadar boneka."

Buya mengingatkan agar masyarakat lebih baik mengikuti trend dari Nabi Muhammad. "Hidup ikut trend, kalau ikut trend ya trendnya baginda Nabi dong. Jangan ikut trendnya orang. Kan kita punya keimanan, dari segi keimanan kita gak boleh meyakini. Tapi jangan mencela orang (dari agama lain)," ujar Buya.

Buya lantas mengungkap nasihat bijak soal bertobat. "Allah maha pengampun. Yang jadi masalah kesombongan kita, jika anda tahu (kalau salah), tinggalkan. Mudah untuk tobat. Kalau orang tidak tahu jangan dicaci, tapi diberitahu, belilah yang bermanfaat. Kalau mau adopsi ya anak manusia, kalau ini, mana ada pahalanya," kata Buya. "Bahaya sekali, bisa membuat kita keluar dari keimanan, membahayakan untuk pribadi, membahayakan untuk kehidupan di dunia dan akhirat."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru