iPhone Laris Manis, Apple Jadi Perusahaan Pertama di Dunia Capai Nilai Pasar 3 Triliun Dolar AS
Dunia

Valuasi Apple telah melampaui produk domestik bruto (PDB) nominal dari enam dari 10 negara dengan ekonomi teratas dunia termasuk Italia, Kanada, Korea Selatan.

WowKeren - Tampaknya semakin banyak saja penggemar produk Apple. Hal itu terlihat dari capaian yang diperoleh oleh raksasa teknologi itu baru-baru ini.

Apple telah secara resmi menjadi perusahaan publik pertama di dunia yang berhasil melewati kapitalisasi pasar sebesar 3 triliun dolar AS atau sekitar 42,9 ribu triliun rupiah. Hal itu berkat saham Apple yang naik sebanyak 3 persen pada Senin (3/1), untuk diperdagangkan pada 182,88 dolar, mengantarkan Apple pada capaian tersebut.

Tak hanya itu, valuasi Apple telah melampaui produk domestik bruto (PDB) nominal dari enam dari 10 ekonomi teratas dunia termasuk Italia, Kanada, Korea Selatan, Inggris, India, dan Prancis. Ini bukan hal mengherankan mengingat Apple terus bangkit selama beberapa tahun terakhir.


Pada Agustus 2018 lalu saja, Apple menjadi perusahaan Amerika Serikat pertama yang melampaui nilai pasar 1 triliun dolar AS. Valuasi ini melonjak melewati angka 2 triliun hanya dua tahun kemudian pada Agustus 2020.

Dan berkat selera pandemi turbo-charged untuk saham teknologi, butuh sekitar 17 bulan bagi Apple untuk mencapai angka 3 triliun. Perlu juga dicatat bahwa Sejak Januari 2007, ketika mendiang pendiri sekaligus CEO Apple Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama, saham raksasa teknologi itu telah naik 5.800 persen.

Tonggak 3 triliun dolar memang sebagian besar simbolis dan memang, kelas berat teknologi lainnya sempat mengungguli Apple tahun lalu. Seperti saham Microsoft dan Tesla yang masing-masing naik sekitar 50 persen pada tahun 2021.

Lalu ada juga saham Alphabet yang melonjak 65 persen dan di lain sisi ada pembuat chip Nvidia 125 persen. Sedangkan saham Apple naik 34 persen pada 2021.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru