Jokowi Bakal Terus Gelorakan Gotong Royong Sebagai Kunci Atasi Pandemi COVID-19
presidenri.go.id
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Indonesia meredam pandemi COVID-19. Jokowi pun menyebut sikap gotong royong jadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut gotong royong sebagai salah satu kunci keberhasilan Indonesia dalam meredam penyebaran Covid-19. Karena itu, Jokowi pun akan terus menyuarakan pada masyarakat Indonesia agar tetap menerapkan sikap gotong royong untuk ke depannya.

"Sikap gotong royong masyarakat yang terus akan kita gelorakan. Karena keberhasilan kita mengatasi pandemi Covid-19, kunci utamanya kemarin adalah hanya satu, yaitu kegotongroyongan kita semuanya," jelas Presiden saat menghadiri acara HUT Ke-49 PDI Perjuangan secara virtual di Jakarta pada Senin (10/1).

Presiden Joko Widodo mengungkap syukur karena bangsa Indonesia berhasil mengelola tantangan kesehatan berupa pandemi COVID-19 yang sangat kompleks. Indonesia berhasil meredam penyebaran wabah global COVID-19 yang terjadi di berbagai wilayah dari gelombang tertinggi pada Juli 2021 dengan tingkat kasus per hari mencapai 56.000 kasus, hingga saat ini per 9 Januari 2022 terdapat sebanyak 529 kasus positif.

"Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, kita berhasil mengelola tantangan kesehatan yang sangat kompleks ini," tutur Presiden.


Presiden menyampaikan saat ini terdapat 29 provinsi di Tanah Air yang telah berhasil melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama kepada lebih dari 70 persen populasi penduduknya. Dengan capaian tersebut, Indonesia pun berhasil masuk dalam lima besar negara yang paling banyak melakukan vaksinasi COVID-19 di dunia.

Terdapat sekitar 288 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan kepada berbagai lapisan masyarakat. Berdasarkan rilis dari Kementerian Kesehatan per 9 Januari, ada sekitar 170.227.461 orang yang telah divaksinasi COVID-19 dosis pertama. Kemudian terdapat 116.825.699 orang yang telah divaksinasi dosis kedua.

Dari jumlah masif vaksinasi yang telah dilakukan dalam beberapa waktu lalu, membuktikan bahwa penanganan pandemi telah dilakukan oleh pemerintah. Indikasinya, capaian vaksinasi telah sesuai dengan target pemerintah, yakni sebanyak 70 persen dari jumlah populasi yang berada di wilayah terkait.

"Dosis pertama telah mencapai 81 persen dan dosis kedua telah mencapai 56 persen. 29 provinsi dari total 34 provinsi telah menyuntikkan dosis pertama mencapai target di atas 70 persen," tandas Jokowi.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts