Studi di Inggris Sebut Pria Pakai Masker Terlihat Lebih Menarik Bagi Wanita
pixabay.com/Ilustrasi/imperioame
Dunia

Penelitian dilakukan pada 43 mahasiswi jurusan psikologi. Mereka diminta untuk menilai dalam skala satu hingga tujuh daya tarik 160 gambar wajah pria tanpa dan dengan masker.

WowKeren - Sebuah studi yang dilakukan oleh para akademisi Inggris menunjukkan bahwa pria terlihat lebih menarik jika mereka mengenakan masker. Bahkan penemuan dari Inggris ini telah sukses mengejutkan para peneliti Universitas Cardiff.

Para peneliti juga lebih jauh mengamati masker jenis apa yang membuat pemakainya tampak semakin menarik. Ketika masker dari berbagai merek diteliti, para peneliti menemukan bahwa wajah yang ditutupi dengan masker bedah sekali pakai cenderung dianggap paling menarik.

Hasil temuan itu jauh berbeda dari sebelumnya. Michael Lewis dari Fakultas Psikologi Universitas Cardiff, mengatakan penelitian yang dilakukan sebelum pandemi menemukan bahwa masker wajah medis mengurangi daya tarik. Menurut The Guardian, hal itu disebabkan karena cenderung dikaitkan dengan penyakit.

"Kami ingin menguji apakah ini telah berubah sejak penutup wajah digunakan di mana-mana dan memahami apakah jenis masker memiliki efek," ujarnya yang merupakan seorang ahli wajah dan salah satu penulis studi tersebut. "Studi kami menunjukkan wajah dianggap paling menarik ketika ditutupi oleh masker wajah medis."


Bukan tanpa alasan, ia menuturkan bahwa masker medis membuat pemakainya lebih menarik karena menimbulkan kesan positif. Ia mengatakan bahwa itu mungkin disebabkan karena orang-orang sudah terbiasa dengan petugas kesehatan yang memakai masker.

"Dan sekarang kita mengasosiasikannya dengan orang-orang dalam profesi perawatan atau medis," lanjutnya. "Pada saat kita merasa rentan, kita mungkin menemukan bahwa pemakaian masker medis meyakinkan dan merasa lebih positif terhadap pemakainya."

Penelitian dilakukan pada 43 mahasiswi jurusan psikologi. Mereka diminta untuk menilai dalam skala satu hingga tujuh daya tarik 160 gambar wajah pria tanpa masker, mengenakan masker kain polos, masker wajah medis biru, dan memegang buku hitam polos yang menutupi area yang akan disembunyikan masker wajah.

Para responden menilai jika pria yang memakai masker kain secara signifikan lebih menarik dibanding mereka yang tidak memakainya atau yang wajahnya sebagian tertutup buku. Namun di atas itu, jenis masker bedah yang normal dan sekali pakai membuat pemakainya terlihat lebih menawan.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts