Tinjau Korban Terdampak Gempa Banten, Ma'ruf Amin Salurkan Bantuan Hingga Tawari Relokasi
Instagram/wapresri.go.id
Nasional
Gempa Banten

Korban terdampak gempa Banten yang rumahnya rusak berat saat ini diketahui tinggal sementara di tempat pengungsian. Wapres Ma'ruf Amin pun langsung ke lokasi untuk mengetahui kondisi mereka.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, sebuah bencana alam gempa bumi magnitudo 6,6 menghantam kawasan Banten. Bahkan gempa ini juga ikut dirasakan sejumlah wilayah lainnya yakni Lampung, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Akibat gempa tersebut, banyak korban terdampak. Sementara itu, pada Kamis (21/1) pagi tadi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin diketahui tiba di lokasi terdampak gempa, Kampung Cibeulah, Pandeglang, Banten. Adapun dalam meninjau korban terdampak ini, Ma'ruf Amin disambut oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan TNI Suharyanto, Wagub Banten Andika Hazrumy, serta Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Setibanya di lokasi, Ma'ruf Amin lantas langsung melihat situasi rumah terdampak rusak berat. Selain itu, ia juga menyampaikan kepada penghuni rumah untuk bersabar, sementara rumahnya akan segera diperbaiki oleh pemerintah.

Dalam kunjungannya itu, Ma'ruf Amin juga tampak menyalurkan bantuan berupa sejumlah paket sembako kepada para warga terdampak di lokasi. "Semoga bantuan ini bisa lebih meringankan, pascabencana," tutur Ma'ruf Amin kepada warga terdampak di lokasi, Kamis (20/1).


Sementara itu, warga terdampak hingga saat ini masih tinggal di tenda pengungsian, sembari menunggu rumahnya yang rusak berat diperbaiki. Perwakilan dari warga yang tinggal di pengungsian, Ine Sukartini mengungkapkan sudah tiga hari lamanya tinggal di tenda darurat Kemensos pascagempa. Ia juga berharap agar rumahnya bisa segera diperbaiki.

"Sementara saya dan suami dan tiga anak di tenda, semoga rumah dengan hadirnya Pak Wapres dan pemerintah, rumah saya segera diperbaiki," tutur Ine kepada Liputan6.com, Kamis (20/1).

Selain menyalurkan sejumlah bantuan berupa paket sembako, Ma'ruf Amin juga menawarkan warga untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman atau rumahnya yang rusak diperbaiki. "Apakah mau di pindah apa dibangun. (Ke lokasi) aman tapi bisa tetap cari nafkah. Nanti kalau di sini enggak tenang terus," papar Ma'ruf Amin.

Menurut Ma'ruf Amin, apabila warga terdampak mau direlokasi ke tempat yang lebih aman, maka mereka tidak perlu merasa was-was saat terjadi gempa. "Kalau nanti kan bisa tenang," tandas Ma'ruf Amin.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts