Ma'ruf Amin Kembali Jadi 'Presiden' Selama Ditinggal Jokowi Kunker ke Negara Asia Timur
https://setkab.go.id//Jay
Nasional

Pada Senin (25/7) lalu, Presiden Jokowi telah bertolak ke Beijing, Tiongkok. Perjalanan ini membuka rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke tiga negara di Asia Timur.

WowKeren - Presiden Joko Widodo saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke tiga negara Asia Timur yakni Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Artinya bahwa selama beberapa hari ke depan Jokowi tidak ada di Indonesia.

Maka dari itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Presiden selama Jokowi melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Adapun keputusan Ma'ruf Amin dalam menduduki posisi Presiden Indonesia selama tiga hari itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2022.

"Menugaskan Wapres untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan pada tanggal 25 sampai 29 Juli 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air," bunyi Keppres tersebut, dilihat Rabu (27/7).

Dengan penunjukkan sebagai Plt. Presiden, maka Ma'ruf Amin berwenang dalam menentukan kebijakan baru selayaknya presiden. Meski begitu, Ma'ruf Amin tetap berkewajiban untuk berkonsultasi dengan Jokowi terlebih dahulu sebelum akhirnya mengeluarkan kebijakan tertentu.


Nantinya, saat Jokowi telah kembali tiba di Indonesia, seluruh tugas-tugas sebagai Presiden Indonesia akan diserahkan ke Jokowi lagi. Di samping itu, Ma'ruf Amin juga wajib menyampaikan dan melaporkan pelaksanaan tugas yang dilakukan selama menjadi Plt. Presiden kepada Jokowi.

"Setelah Presiden berada kembali di Tanah Air, penugasan berakhir dan Wapres segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden," lanjutan bunyi Keppres.

Seperti diketahui, Jokowi telah bertolak ke Beijing, Tiongkok pada Senin (25/7) lalu. Dalam kunjungan ini, Jokowi pun juga telah bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan membahas berbagai isu.

Setelah bertemu Xi Jinping, pada Selasa (26/7) malam, Jokowi diketahui terbang menuju Jepang. Kemudian, sebelum akhirnya kembali ke Jakarta pada Jumat (29/7), Jokowi akan bertandang ke Korea Selatan terlebih dahulu.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin juga sempat menjabat sebagai Plt. Presiden saat Jokowi membawa misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia. Adapun hal ini berlangsung mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2022.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait