Wapres Ma'ruf Amin Ikut Lepas Keberangkatan Haji Kloter Pertama, Beri Pesan Ke Petugas
Instagram/wapresri.go.id
Nasional
Haji 2022

Menag Yaqut melepas keberangkatan haji asal Indonesia kloter pertama di Jakarta, Sabtu (4/6). Di hari yang sama, Wapres Ma'ruf Amin melepas jemaah haji di Surabaya.

WowKeren - Pada Sabtu (4/6) hari ini, calon jemaah haji asal Indonesia kloter pertama mulai diberangkatkan. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas diketahui melepas jemaah haji Indonesia Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin diketahui juga melepas jemaah haji Indonesia kloter pertama asal Embarkasi Surabaya di Bandara Juanda, Sidoarjo. Dalam melepas jemaah haji Indonesia kloter pertama, Ma'ruf Amin pun berpesan kepada petugas haji agar secara maksimal melayani jemaah selama pelaksanaan ibadah di Tanah Suci.

"Kepada para petugas dari pembimbing, kesehatan semuanya supaya melayani dengan baik, di sana melayani jemaah dengan baik ya," ujar Ma'ruf Amin saat melepas keberangkatan 449 calon jemaah haji kloter pertama asal Surabaya. "Jangan sampai di sana petugasnya sibuk sendiri, ibadah sendiri, sehingga tidak melayani jemaah."

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin meminta pelayanan kepada jemaah untuk ditingkatkan, mengingat pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini perdana bagi jemaah Indonesia setelah dua tahun terakhir ditunda akibat pandemi COVID-19. Ia pun menyampaikan untuk tim kesehatan pada pelaksanaan haji tahun ini diperkuat.


Adapun yang dimaksud adalah mulai dari obat-obatan hingga pelayanan RS Darurat sejak di bandara Jeddah, Mekah, Madinah, hingga Arafah Mina. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kondisi para jemaah sekaligus menekan angka kematian jemaah dari Indonesia selama musim haji.

"Semuanya itu dipantau jemaah itu, dan ini memang dari tahun ke tahun kan terjadi penurunan, makin hari makin baik sebab terus kita evaluasi, apa yang kurang dan apa yang harus dilengkapi," jelas Ma'ruf. "Saya kira dari segi pelayanan kesehatan jemaah kita dianggap oleh banyak pihak oleh pemerintah Saudi yang terbaik, sebab kita paling siap dan ambulans dan petugasnya kita siapkan dengan baik."

Ma'ruf Amin kemudian mengingatkan jemaah untuk senantiasa menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji. Pasalnya, saat ini kondisi pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir.

Ma'ruf Amin lantas menambahkan bahwa paling penting adalah menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, mengingat cuaca di Arab Saudi sudah mulai musim panas. Ia pun mengimbau jemaah untuk tidak berpergian bila tidak penting.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts