Zaskia Adya Mecca Soroti Kebijakan Baru Turis Tak Boleh Naik Ke Tingkat Borobudur Ini, Setuju?
Instagram/zaskiadyamecca
Selebriti

Baru-baru ini, Zaskia Adya Mecca membicarakan tentang kebijakan Candi Borobudur terkait membatasi kunjungan wisatawan di salah satu bagiannya. Begini pendapat istri Hanung Bramantyo tersebut.

WowKeren - Zaskia Adya Mecca baru-baru ini menyoroti kebijakan untuk turis terkait kunjungan ke Candi Borobudur. Atas alasan melestarikan letak batu di tingkat teratas yang bernama Arupadatu, pihak pengelola melarang turis untuk naik ke sana.

Melalui akun Instagram pribadinya, Zaskia Adya Mecca menyuarakan pendapatnya soal kebijakan terbaru Candi borobudur tersebut. Istri Hanung Bramantyo itu mengunggah foto lawasnya saat berada di Arupadatu candi tersebut sebagai pemanis.

"Katanya sekarang udah ga bisa kita naik candi borobudur sampai keatas gini, karna batu2 candinya lama2 bergeser dan dikhawatirkan untuk kelestarian candi jangka panjang.. karna sebelum pandemi dalam sehari bisa puluhan ribu orang naik keatas..," tulis Zaskia Adya Mecca dalam postingan Sabtu (22/1).

Ternyata bukan sekali ini pihak pengelola Borobudur mengeluarkan kebijakan terkait perlakuan turis kepada candi. Sebelumnya, turis sudah dilarang untuk menyentuh patung di dalam stupa karena pernah ada insiden kepala balita terjepit di sana.


Untuk kebijakan tersebut, Zaskia Adya Mecca setuju saja karena alangkah baiknya jika semua orang memperhatikan keamanan bersama. Apalagi kepercayaan menyentuh patung bisa mengabulkan keinginan menurutnya tidak berdasar.

"Dulu juga kita bisa masukin tangan di stupa candi yang 'katanya' kalau bisa sentuh patung dalamnya pertanda bakal dapet rezeki,dll (please ini kepercayaan ga berdasar😅) lalu sampai ada satu masa di 2010 kepala balita terjepit disitu.. akhirnya sudah ga bisa lagi 'iseng2' untuk keamanan bersama..," lanjutnya.

Zaskia Adya Mecca juga menyuarakan dukungannya untuk melestarikan warisan kebudayaan nenek moyang. Pasalnya, keberadaan candi-candi ini merupakan identitas dan peninggalan yang harus dijaga sampai generasi-generasi berikutnya.

"Yang pastinya semua keputusan pelestari kita hargai karna candi2 ini adalah warisan leluhur yang memang harus dijaga gak hanya untuk 10-20tahun kedepan.. tapi puluhan sampai ratusan tahun sebagai bentuk identitas dan saksi sejarah..," tambah Zaskia.

Kemudian Zaskia Adya Mecca merasa beruntung masih bisa menikmati candi sampai ke Arupadhatu. Namun dengan tidak bisa naik sampai Arupadhatu, menurutnya Candi Borobudur masih bisa dinikmati relief-reliefnya yang berisi banyak pelajaran hidup..

"Beruntung angkatan tua kaya aku keatas ada masanya kita bisa menikmati candi sampai sini😅tapi sekarang pun tetap menarik wisata ke candi,karna relief dari paling bawahpun sudah banyak cerita yang didapetin (sewa tour guide resmi disana) biar paham setiap kisahnya yang sehari aja ga cukup buat menyelesaikan cerita di setiap pahatan.. Yukkk wisata lokal sambil mengenal sejarah bangsa kita♥️," pungkas Zaskia Adya Mecca.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru