Jejak Digital Bupati Langkat Bicara Soal Kerangkeng Manusia Terungkap
Unsplash/Maxim Babichev
Nasional
Kerangkeng Manusia Bupati Langkat

Sebelum terjaring OTT KPK, Terbit Rencana Perangin-angin sempat berbicara tentang kerangkeng manusia ini lewat akun resmi Pemkab Langkat pada 27 Maret 2021.

WowKeren - Kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin-angin alias Cana, menggegerkan publik. Sel manusia itu diduga terkait dengan perbudakan para pekerja kebun kelapa sawit. Namun hal berbeda disampaikan oleh Cana.

Sebelum terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, Cana sempat berbicara tentang kerangkeng manusia ini lewat YouTube resmi Pemkab Langkat pada 27 Maret 2021. Diakui Cana, tempat itu sengaja dibuat sebagai panti rehabilitasi narkoba.

"Saya ada menyediakan tempat rehabilitasi narkoba. Itu bukan rehabilitas, tapi tempat pembinaan yang saya buat selama ini untuk membina masyarakat yang penyalahgunaan narkoba. Tempat pembinaan," ungkap Cana. "Kurang lebih sudah 10 tahun kita lakukan. Yang kita siapkan untuk tempat mereka itu ada 3 gedung untuk pembinaan, tempat peristirahatan mereka."

Menurut Cana, banyak orang yang diantarkan sendiri oleh keluarganya. Perawatan yang diberikan Cana pun tidak berbayar alias gratis.

"Perawatan itu gratis semua, bagi masyarakat yang keluarganya mengantarkan. Tapi ada juga keluarga yang meminta supaya dijemput keluarganya yang penyalahgunaan narkoba," lanjut Cana. "Kalau persediaan untuk itu semua adalah gratis, kita yang menyediakan semua. Ini dana kami keluarga pribadi. Ini memang niat kami keluarga."



Tak sendirian, Cana dibantu oleh sang istri, Tiorita Terbit Rencana. Tiorita bertugas untuk mengurus masalah makanan dan kesehatan masyarakat yang tinggal di sel itu

"Kurang lebih pasien yang sudah kami bina itu 2-3 ribu orang yang sudah keluar dari sini. Karena kita setiap harinya menerima itu kurang lebih 100 orang yang kita bina di tempat kita," lanjut Cana. "Saya serahkan itu menu makanan kepada ibu. Jadi ibu yang menangani, termasuk kesehatan juga. Karena ibu dari kesehatan, ibu lebih paham, jadi ibu yang menangani."

Hingga saat ini video berdurasi 22 menit 39 detik itu sudah diputar hingga 23 ribu kali. Beragam reaksi netizen pun bermunculan.

"Rehab kok eksploitasi ke ladang sawit wkwkwkwk," komentar pemilik akun @aad***2. "Sebenarnya luar biasa tempat pembinaan yg dibuat bapak Terbit ini," sahut akun @tengk***og. "Hahaha...terciduk juga," timpal akun @rizal***man.

(wk/diah)


You can share this post!


Related Posts