Selain Aliando, 5 Selebriti Ini Juga Pengidap OCD Hingga Ada yang Hobi Lakukan Ritual Unik
Instagram/aliandooo
Selebriti

Ternyata bukan hanya Aliando yang memiliki gangguan mental OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Kelima artis papan atas ini rupanya juga terang-terangan mengaku pengidap OCD. Siapa saja?

WowKeren - Kemunculan Aliando yang tiba-tiba saat melakukan live Instagram pada Kamis (27/1) cukup mengejutkan para penggemarnya. Bagaimana tidak, Aliando sudah sangat jarang tampil di layar kaca televisi maupun hanya sekadar menyapa fansnya di media sosial.

Namun, ada hal lain yang lebih bikin syok saat Aliando blak-blakan mengaku bahwa dirinya adalah pengidap OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. OCD sendiri merupakan penyakit yang sering berakar pada ketakutan irasional terhadap kontaminasi. Paling sering yang ditakutkan adalah kontaminasi akan kuman.

Selain Aliando, rupanya lima selebriti Tanah Air ini juga memiliki gangguan yang sama. Penasaran siapa saja? Langsung simak selengkapnya berikut ini!

1. Ari Lasso

Mussisi Ari Lasso adalah artis pertama yang juga memiliki gangguan mental OCD sama halnya seperti Aliando. Hal ini terang-terangan diakuinya saat berbincang dengan Daniel Mananta di kanal YouTube sang presenter.

Dalam video tersebut, Ari Lasso mengaku sangat terobsesi pada kerapihan. Menurut juri ajang "Indonesian Idol" itu, biasanya ia tidak pernah bisa tidur sebelum rumahnya terlihat rapi.

"Ya lu (Daniel) tahu gue punya kecenderungan kerapihan yang agak berlebih ya. Dalam arti ya mungkin OCD atau kalau kata orang-orang keren," ungkap Ari Lasso kala itu.

2. Zaskia Adya Mecca

Beberapa waktu lalu, Zaskia Adya Mecca pernah mengunggah foto anaknya, Bhai Kaba, yang sedang bermain pasir sembari memegang sandal jepit. Istri Hanung Bramantyo ini mengungkapkan terkadang ia stres melihat anak-anaknya bermain kotor-kotoran.

Unggahan Zaskia itu lantas mencuri perhatian banyak orang, termasuk mantan istri Hanung Bramantyo, Yanesthi Hardini. Ia mengatakan jika bermain kotor-kotoran terkadang baik untuk melatih kognitif anak.

Namun, bukan tanpa alasan Zaskia mengaku stres tiao kali melihat anaknya bermain kotor-kotoran dan berujung berantakan. Pasalnya, Zaskia mengaku bahwa dirinya adalah penderita OCD. "Hahahahahaha buuu tapi duh tetep ajaaaa stress liatnya. Aku OCD soalnyaa, kebayang dong orang ocd liat anak sendiri begini," terang Zaskia.


3. Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina adalah selebriti lainnya yang juga mengidap OCD. Bintang film "Danur" ini mengaku harus membereskan tempat penyimpanan barang pribadinya sendiri.

Hal itu dilakukan Prilly lantaran tak betah apabila barang yang dirapikan orang tak sesuai dengan keinginannya. Misal, barang-barang miliknya diletakkan tak sesuai pada tempatnya. Melihatnya, Prilly sangat terganggu.

Bahkan, Prilly mengaku tak bisa melihat barangnya bergeser atau miring. Perempuan 24 tahun ini mengatakan, hal itu lantaran dirinya memiliki OCD.

4. Rina Nose

Rina Nose jadi seleb selanjutnya yang juga mengaku mengidap OCD. Bahkan ia punya kebiasaan saat masuk WC umum dan melihat tisu berserakan, Rina akan membersihkannya terlebih dulu dan menyemprotkan alkohol ke toilet.

Namun, kebiasaan Rina ini sempat direspons sinis oleh beberapa orang. "Dulu kebiasaan saya ini dianggap aneh dan menjijikkan. Kadang dianggap sok iye, sok cantik, sok bersih!" tulisnya di Instagram saat menjawab salah satu komentar netizen yang menanyakan ketidakkonsistenannya saat menggunakan face shield.

Padahal, Rina Nose melakukan hal itu lantaran dirinya adalah pasien yang mengidap OCD. "Padahal itu saya lakukan karena saya mengidap OCD," imbuh Rina Nose.

5. Rizky Kinos

Selain keempat artis di atas, rupanya Rizky Kinos juga memiliki penyakit yang sama. Ayah dua anak ini tak bisa menahan diri untuk merapikan barang-barang yang di dalam pikirannya sudah tertata rapi dengan pola tertentu. Kinos akan merasa tersiksa jika melihat ada satu benda di rumahnya yang tidak sesuai dengan pola yang ada di dalam pikirannya.

Sebelum mandi, Kinos biasanya melakukan ritual unik, yakni merapikan bebatuan yang ada di dalam kamar mandinya. "Di kamar mandi gue juga ada batu-batu kayak gini. Setiap gue mandi ada ritual dulu, gue rapiin batu-batu putihnya," kata Kinos seperti dalam video YouTube Ussy Andhika Official.

Hal itu juga berlaku terhadap isi dalam kulkas di rumah Kinos. Setiap hendak mengambil barang dari dalam kulkas, suami Nycta Gina ini biasanya harus menutup mata karena tak ingin melihat isinya yang berantakan.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait