Surabaya to Paris Fashion Week 2022, Para Desainer Muda Ini Buat Karya dari Tenun Gedog Tuban
Nasional

Sejumlah desainer muda asal Surabaya berkesempatan memamerkan karyanya di Paris Fashion Week 2022.10 desainer muda ini pun akan membawa karya dari Tenun Gedog Tuban dalam perhelatan tersebut.

WowKeren - Satu lagi pencapaian anak muda Tanah Air di kancah Internasional. Hal itu datang dari 10 perancang busana atau desainer muda asal Surabaya. Para siswa LaSalle College ini mendapat kehormatan untuk menampilkan karya mereka dalam acara bergengsi, Paris Fashion Week 2022.

Mereka rencananya akan menampilkan sejumlah rancangan busana berbahan kain Tenun Gedog Tuban pada acara tersebut. Kain Tenun Gedog Tuban sengaja dipilih untuk kreasi busana mereka karena wastra asli Nusantara ini sangat menarik dan unik, tapi belum banyak dikenal masyarakat. Khususnya masyarakat internasional.

Kain tenun yang masih diproduksi secara tradisional ini merupakan satu di antara warisan seni tradisi yang sangat luar biasa. Lewat tangan terampil perajin Tenun Gedog Tuban diharapkan keberadaan wastra nusantara ini semakin bersaing di kancah internasional.


"Ada sepuluh karya kreasi yang akan dibawah ke Paris. Seluruhnya menggunakan bahan kain Tenun Gedog Tuban. Tidak hanya itu, pada setiap karya tersebut juga memiliki konsep cerita klasik atau folklore khas Indonesia. Konsep cerita ini juga ditampilkan sebagai bagian kekayaan folklore dan budaya Indonesia," papar Angel Wina mewakili para desainer muda LaSalle College, Kamis (27/1) melansir Suarasurabaya.

"Kain khas Tuban ini dibuat dengan tangan secara tradisional. Karena itu kain Tenun Gedog Tuban sangat bernilai. Kami berharap kain Tenun Gedog Tuban ini dilirik dan dikenal masyarakat secara internasional. Ini juga bentuk pelestarian kekayaan budaya Indonesia yang jumlahnya sangat luar biasa. Beberapa kain Tenun Nusantara sudah dikenal di pasar internasional, dan kami ingin membawa Tenun Gedog Tuban ini juga agar dikenal luas di pentas internasional," sambung Angel.

Seluruh persiapan menuju Paris Fashion Week 2022 terus dilakukan para desainer muda Kota Surabaya tersebut. Mereka di antaranya adalah, Yavica Sasky, Wenda Mamatha, Safana Noor, Miracgael Angelina, Michele Gela, Mariesa Zahra, Mega Agustine, Jennise Quinn, Angela Joe dan Angel Wina.

“Persiapan sudah kami lakukan, termasuk untuk seluruh karya yang dibuat masing-masing desainer,” pungkas Angel.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru