Provokator Massa GMBI Ditahan, Polisi Tetapkan 12 Orang Tersangka Imbas Demo Rusuh di Polda Jabar
Nasional

Buntut panjang dari aksi demo GMBI yang berakhir rusuh di Polda Jabar beberapa waktu lalu, kini polisi kembali menetapkan tersangka. Tak hanya itu, polisi juga menahan provokator massa demo.

WowKeren - Dalam peristiwa unjuk rasa atau demonstrasi beberapa waktu lalu yang digelar oleh ormas GMBI di Polda Jabar, dan berakhir rusuh itu Ketua Umum (Ketum) M Fauzan telah ditangkap polisi. Adapun penangkapan ini terjadi di kediamannya pada Jumat (28/1) lalu.

Kini polisi juga telah menahan salah seorang yang diduga merupakan provokator massa aksi demi GMBI tersebut. Provokator yang berinisial SBI itu disebut memprovokasi massa saat melakukan aksi demo hingga akhirnya berakhir dengan rusuh.

SBI diketahui menyerahkan diri ke Polrestabes Bandung pada Sabtu (29/1) lalu. Setelah penyerahan diri itu, ia langsung dilimpahkan ke Polda Jabar untuk ditindaklanjuti hingga dilakukan penahanan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo menuturkan bahwa SBI merupakan orang yang pertama kali melakukan orasi dan membuat kondisi demo memanas. Menurutnya, dalam orasinya itu SBI mengklaim memiliki 500 pasukan yang siap mati. Hal ini lah yang kemudian memicu massa demo bertindak anarkis.


Selain menahan SBI, Ibrahim mengungkapkan bahwa polisi juga telah menetapkan Ketum GMBI sebagai tersangka. Sehingga kini total tersangka yang telah ditetap berjumlah 12 orang.

Adapun tersangka tersebut di antaranya MFR, MA, IRM, SBI, SN, SF, CP, AR, GG, GP, TSH, dan WN. Menurut Ibrahim, para tersangka itu akan dikenakan Pasal 160 KUHP, Pasal 170 KUHP, Pasal 406 KUHP, Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP yang ancaman hukumannya tujuh tahun penjara.

"Polda Jabar sampai saat ini telah menetapkan 12 anggota ormas GMBI yang melakukan unras anarkis di Polda Jabar sebagai tersangka," ungkap Ibrahim di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (31/1).

Sebelumnya, Polres Bogor menggelar aksi sweeping ke sejumlah markas ormas GMBI yang ada di Kabupaten Bogor. Berdasarkan dari sweeping itu, polisi berhasil menyita sejumlah senjata tajam atau sajam dan belasan orang lainnya pun diamankan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait