Seorang Pria Diringkus Usai Terbangkan Drone Berkali-kali di Atas Istana Kerajaan Swedia
pixabay.com/Ilustrasi/hpgruesen
Dunia

Pihak berwenang Swedia menerima sejumlah laporan terkait penerbangan pesawat tak berawak. Warga melaporkan mereka melihat benda-benda di kastil serta PLTN.

WowKeren - Mengoperasikan drone bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi siapapun yang memiliki hobi atau menyukai aktivitas tersebut. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengoperasikan pesawat tanpa awak tersebut untuk faktor keselamatan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi menerbangkan drone itu sendiri. Tentu saja, tidak dianjurkan untuk menerbangkan drone di lokasi tertentu seperti Istana Kerajaan.

Pihak berwenang Swedia pada Sabtu (29/1) mengamankan seseorang sehubungan dengan serangkaian penerbangan drone misterius yang terlihat dalam beberapa hari terakhir di atas Istana Kerajaan Swedia dekat Stockholm. Pria itu ditangkap oleh penjaga keamanan di Kastil Drottningholm.

Sveriges Radio melaporkan bahwa kastil itu merupakan kediaman pribadi keluarga kerajaan Swedia. Menerbangkan drone di sekitar lokasi itu dianggap sebagai aktivitas ilegal. Juru bicara polisi Daniel Wikdahl mengatakan tersangka sedang diselidiki untuk akses tidak sah ke ruang yang dilindungi.


Tersangka merupakan seorang pria asal Rusia berusia 40 tahun. Surat kabar Swedia Aftonbladet melaporkan bahwa berdasarkan pengakuan teman-temannya, pria itu adalah turis biasa yang tidak mengetahui larangan menerbangkan drone di daerah itu.

Temannya yang lain yakin bahwa pria Rusia tersebut tidak memiliki maksud tersembunyi menerbangkan drone di wilayah terlarang. Menurutnya, itu semua murni kesalahan yang tidak disengaja.

"Dia turis biasa. Saya yakin akan hal itu. Saya tahu dia pergi ke Swedia, tapi saya tidak tahu persis ke mana dia pergi," kata temannya itu. "Saya pikir dia tidak tahu bahwa kastil adalah benda yang dilindungi, dia pasti terbang ke sana karena kesalahan," tambah yang lain.

Pihak berwenang Swedia telah menerima sejumlah laporan terkait penerbangan pesawat tak berawak di bulan ini. Warga melaporkan bahwa mereka melihat benda-benda di kastil maupun di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pada 14 Januari, militer Swedia mengerahkan patroli dan helikopter ke PLTN Forsmark, setelah sebuah drone terlihat di sana. Drone juga terlihat di dekat pabrik Oskarshamn, Ringhals, dan Barseback pada waktu yang hampir bersamaan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait