Fakta Menarik Eileen Gu yang Berhasil Kalahkan AS di Olimpiade Beijing, Aktif Sebagai Model Vogue
Instagram/eileen_gu_
Dunia

Selain aktif sebagai seorang atlet, Gu yang ayahnya merupakan orang Amerika itu adalah model dan duta besar untuk merek mewah, seperti Vogue dan Victoria's Secret.

WowKeren - Nama Eileen Gu tengah ramai menjadi pembicaraan baru-baru ini. Atlet yang merupakan kelahiran California ini bertanding di Olimpiade Beijing untuk membawa nama Tiongkok. Sorotan kepadanya semakin menguat ketika ia berhasil menyabet medali emas untuk Tiongkok di acara bergengsi tersebut pada Selasa (8/2).

Ia berhasil mengamankan kemenangan politik yang menggelegar bagi Tiongkok ketika dia mengklaim emas di Big Air freeski putri perdana dengan lompatan menakjubkan. Bahkan ia sendiri sampai terharu ketika menerima medali emas itu.

"Air mata sebagian besar adalah kegembiraan, bahwa saya telah mendorong diri saya hingga batas mutlak," kata Gu. "Itu adalah momen terbaik dalam hidup saya. Saat paling bahagia, hari dalam hidupku. Aku tidak percaya apa yang baru saja terjadi."

Ia disebut-sebut sebagai senjata ampuh bagi Tiongkok di Olimpiade. Aksi itu disebut sebagai tindakan propaganda dari pemerintah Tiongkok yang mencoba untuk memuluskan kisah yang telah menumpuk tekanan internasional di negara itu. Berikut fakta menarik dari sosok Gu, yang telah membuat pejabat Tim USA bingung atas keputusannya untuk mewakili Tiongkok di acara itu.

Atlet yang Aktif Sebagai Model

Selain aktif sebagai seorang atlet, Gu yang ayahnya merupakan orang Amerika itu adalah model dan duta besar untuk beberapa merek mewah. Namun, ia mengatakan pekerjaan yang dia lakukan untuk memenangkan medali emas dilakukan jauh dari sorotan kamera.


Tentu saja, aktivitasnya yang sibuk membuatnya harus pandai mengatur waktu. Setelah 8 jam bekerja sebagai model, ia akan pergi untuk berlatih ski. Punya lebih dari 800.000 pengikut Instagram, Gu adalah seorang model yang meneken kesepakatan dengan Victoria's Secret dan Vogue.

Mengenal Ski Sejak Usia 3 Tahun

Gu lahir pada 3 September 2003 di Amerika Serikat dari ayah Amerika dan Ibu Tiongkok. Ia pertama kali mengenal ski pada usia 3 tahun. Tak butuh waktu lama bagi Gu untuk menunjukkan bakatnya. Pada usia sembilan tahun, Gu memenangkan kejuaraan kelompok putri di turnamen ski nasional AS. Dia mulai menghadiri kompetisi internasional atas nama AS dari musim 2017-2018.

Cinta Budaya Tiongkok

Menurut Tencent Sports, meskipun ia lahir di AS, Gu mencintai budaya Tiongkok dan mampu membacakan puisi kuno Tiongkok. Ketika dia memperkenalkan dirinya kepada orang lain, dia lebih suka menyebut dirinya gadis Tiongkok. Ketika rekan sesama atletnya, Beverly Zhu, menghadapi reaksi keras dari media sosial karena jatuh tidak fasih berbahasa Cina, Gu memasang badannya untuk membela. "Membuat kesalahan dan tekanan adalah bagian dari olahraga," kata Gu pada konferensi pers setelah kemenangannya.

Raih Medali Emas Sebagai Atlet Naturalisasi Tiongkok Pertama pada 2019

Pada Agustus 2019 lalu, Gu menjadi atlet Tiongkok naturalisasi pertama yang memenangkan medali emas internasional dalam acara gaya lereng putri di Piala Selandia Baru Australia. Kala itu, Gu menyelesaikan pertandingan dengan 240,00 poin di puncak, mengalahkan Andrews Ruby dari Selandia Baru dan Yang Shuorui dari Tiongkok yang berhasil mendapatkan medali perak dan perunggu dengan perolehan masing-masing 192,00 dan 144,00 poin.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel