Hengkang dari Amigdala, Aya Canina  Protes Lagu 'Belenggu' Dirilis Tanpa Izin
Instagram/ayacanina
Musik

Aya Canina sedang jadi sorotan karena pengakuan mengalami kekerasan dari mantan pacarnya ketika di band Amigdala. Mantan vokalis ini juga protes karena lirik lagu yang ditulisnya di 'Belenggu' telah dirilis tanpa izin.

WowKeren - Nama Aya Canina mendadak ramai diperbincangkan usai membongkar alasan hengkangnya dari band Amigdala. Ia ternyata mengalami kekerasan dari mantan pacarnya yang juga salah satu personel Amigdala.

"Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun itu (hingga hengkang), dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya," kata Aya Canina di InstaStory pada Rabu (9/2).

Aya Canina yang kini jadi sorotan juga merasa marah dan kesal karena Amigdala merilis lagu "Belenggu" tanpa seizinnya. Diketahui, lirik lagu tersebut memang ditulis sendiri oleh Aya Canina.

Aya

InstaStory

Bukan tanpa alasan, pasalnya Amigdala mengatakan lagu tersebut bercerita tentang kekerasan pada perempuan. Padahal ketika Aya Canina masih di Amigdala, rekan-rekan satu band cuek dengan kekerasan yang dialaminya.

"Saya kaget waktu band itu merilis music video untuk lagu 'Belenggu' dengan interpretasi yang berbeda dari semula. Mereka bilang lagu itu bercerita tentang 'kekerasan terhadap perempuan' dan terinspirasi dari pengalaman seorang perempuan yang dilecehkan keluarganya," tulis Aya Canina di InstaStory.

"Kamu bayangkan, para pelanggeng kekerasan ini berbicara kekerasan dalam 'karya' mereka," sambungnya.


Aya

Instagram

Aya Canina kemudian menegaskan bahwa lirik lagu "Belenggu" yang ditulisnya tersebut tak berkaitan dengan kekerasan terhadap perempuan. Ia juga mengaku Amigdala tak menghubunginya untuk meminta izin ketika merilis lagu tersebut.

"Saya menulis lirik lagu Belenggu dan lagu itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan kekerasan terhadap perempuan. Sampai MV-nya rilis, tidak ada permintaan izin untuk mereinterpretasi makna lagu tersebut," lanjut Aya Canina. "Saya tahu masa lalu tidak bisa diubah. Tapi izinkan saya mengatakan ini: saya muak."

Tak dipungkiri, Aya Canina marah sampai gemetar ketika pertama kali melihat video klip lagu "Belenggu" yang dirlis Amigdala tersebut. "Ketika pertama kali melihat ini, saya marah, saya mengadu ke sedikit sahabat saya. Saya gemetar membaca captionnya, apa mereka tidak ingat yang terjadi dengan saya? Kawan mereka, seorang perempuan yang suaranya tidak mereka dengar," ungkapnya.

Di feed Instagram, Aya Canina kembali menumpahkan kekesalannya pada Amigdala. Ia bahkan tak segan menyindir band Amigdala yang diam saja ketika salah satu personelnya mengalami kekerasan.

"Sekali lagi ya, sebelum saya tidur. saya menulis lirik lagu "Belenggu" dan lagu itu tidak menceritakan apa pun tentang kekerasan perempuan. jika serius tentang isu itu, make a new one, dong @musikamigdala. tanya ke saya apakah saya punya pengalaman traumatis. saya siap jadi inspirasi," tulis Aya Canina di postingan Instagram pada Kamis (10/2).

"Apa kalian, kawan saya (dulu), tau rasa sakit saya? taukah rasanya ketika saya menonton teaser ini? saya bisa jd inspirasi kalian untuk membuat satu lagu baru bertema abusive, jika kalian benar² peduli dengan isu itu @musikamigdala," ungkap Aya Canina. "Belah dada saya. lihat lukanya. mustahil mampu."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru