Amigdala Klarifikasi Soal Pengakuan Aya Canina Eks Vokalis Alami Kekerasan, Pelaku Sudah Dipecat?
Instagram/musikamigdala
Selebriti

Amigdala memberi pernyataan sikap usai pengakuan Aya Canina, sang mantan vokalis mengalami kekerasan jadi viral di media sosial. Sebelumnya Aya mengaku kekerasan itu dilakukan oleh mantan pacarnya yang juga personel Amigdala.

WowKeren - Baru-baru ini Aya Canina ramai diperbincangkan usai membongkar alasan hengkang dari band Amigdala. Sang mantan vokalis ini mengaku telah mengalami kekerasan dari mantan pacarnya yang juga salah satu personel Amigdala.

"Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun itu (hingga hengkang), dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya," kata Aya Canina di InstaStory pada Rabu (9/2).

Setelah curhatan Aya viral di media sosial, Amigdala mengunggah pernyataan sikap mereka tentang pengakuan mantan vokalisnya itu. Mereka menyampaikan beberapa poin penting.

"Menyikapi laporan kekerasan seksual yang dialami oleh penyintas Aya Canina, kami dari Amigdala dengan ini menyatakan. Pertama, Amigdala berkomitmen akan memenuhi tuntutan yang diberikan penyintas kepada kami. Kedua, Amigdala berkomitmen untuk berpihak secara penuh kepada penyintas, termasuk memberi ruang aman yang bebas dari segala bentuk kekerasan seksual. Ketiga, Amigdala mendukung penuh pilihan penyintas untuk mendapatkan keadilan dan pemulihan," bunyi pernyataan Amigdala yang ditulis di postingan Instagram pada Kamis (10/2).


Dalam unggahan tersebut, Amigdala juga mengaku bahwa kekerasan yang dialami Aya Canina memang benar terjadi. Sang pelaku, Isa yang merupakan mantan pacar Aya Canina pun sudah tak lagi menjadi personel Amigdala.

"Sejak Juli 2021, IE (nama pelaku) sudah tidak lagi menjadi bagian dari Amigdala. Namun, kami menyadari dan mengakui bahwa kekerasan seksual yang dialami oleh Aya Canina terjadi ketika IE masih menjadi bagian dari Amigdala," tegas mereka.

Selanjutnya Amigdala mengakui mereka telah mengabaikan cerita Aya Canina di masa lalu hingga sang mantan vokalis itu mengalami kekerasan dalam waktu yang lama. Para personel Amigdala masing-masing pun menyampaikan permintaan maaf ke Aya Canina karena telah abai. Mereka juga berjanji untuk mengubah sikap agar kejadian serupa tak terjadi lagi di masa mendatang.

"Kami mengakui bahwa kami telah abai dan membiarkan kekerasan terjadi sekian lama dalam tubuh kami. Maka dari itu, kami berkomitmen untuk belajar dan menyikapi kasus kekerasan seksual secara serius dan mengutamakan pemenuhan hak-hak penyintas," sambung Amigdala.

"Kami juga berkomitmen tidak lagi melakukan kelalaian dan pengabaian dan juga memastikan tidak ada lagi kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kami. Selain itu, kami secara serius membentuk panduan penanganan kekerasa seksual dan juga melakukan klarifikasi nilai agar ke depannya kami tidak abai dan lalai dalam menyikapi kejadian serupa," lanjut mereka.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait