Jepang Periksa Ketat Ponsel Atlet yang Baru Saja Kembali dari Olimpiade Beijing Demi Alasan Keamanan
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Langkah itu diambil ketika muncul kekhawatiran bahwa aplikasi COVID-19 yang diwajibkan untuk diinstal selama Olimpiade, dapat menimbulkan risiko keamanan.

WowKeren - Rombongan atlet Jepang yang berpartisipasi di Olimpiade Beijing telah kembali ke negaranya. Namun sebelum pulang ke rumah masing-masing, ponsel para atlet harus melewati pemeriksaan terlebih dahulu.

Pada Selasa (8/2), Badan Olahraga Jepang mengatakan jika para anggota delegasi Olimpiade Musim Dingin Beijing negara itu akan menjalani pemeriksaan perangkat seluler mereka setelah mereka kembali. Langkah itu diambil ketika muncul kekhawatiran bahwa aplikasi COVID-19 wajib dapat menimbulkan risiko keamanan.

JSA mengatakan para ahli akan menyaring perangkat dengan aplikasi resmi Beijing Games, My2022 yang diinstal. Jika memang diperlukan maka aplikasi yang mencurigakan juga akan dihapus. Namun tentu saja, itu semua atas persetujuan pemilik ponsel.


Selanjutnya, mereka berencana untuk meminjamkan perangkat seluler kepada delegasi Paralimpiade Jepang yang menghadiri Olimpiade Beijing yang dimulai 4 Maret. JSA menambahkan apabila mereka dan Pusat Kesiapan dan Strategi Nasional untuk Keamanan Siber akan menyediakan layanan konsultasi.

Sebelumnya, pemerintah telah mendesak mereka yang pergi ke Tiongkok untuk mewakili Jepang di acara bergengsi itu, agar menyiapkan perangkat alternatif khusus untuk menginstal aplikasi My2022. My2022 adalah platform aplikasi layanan seluler yang menyediakan layanan informasi Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Mereka juga diminta untuk meminimalkan penggunaannya dan menghapus aplikasi setelah meninggalkan Negeri Tirai Bambu.

Jepang bukan satu-satunya yang melakukan langkah ini. Sebelumnya, media Inggris telah melaporkan bahwa ada tujuh negara Barat termasuk Inggris dan Amerika Serikat, yang juga meminta atlet mereka untuk tidak membawa ponsel pribadi.

Laporan itu datang sebelum Olimpiade Beijing dimulai. Demi alasan keamanan, dilaporkan juga bahwa ada total sekitar 1.000 atlet dan pelatih yang berencana untuk membuang ponsel yang mereka gunakan saat menghadiri Olimpiade Beijing 2022.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru