Perlu Tahu, Ini Alasan Musik K-Pop Miliki Banyak Penulis Lagu Asal Swedia
Twitter/JYPETWICE
Musik

Selain para idolanya dengan jutaan penggemar, industri musik K-Pop di dunia mencuri perhatian. Namun, perlu diketahui bahwa di balik proses pembuatan lagu begitu banyak penulis lagu asal Swedia yang turut menjadi dalang kesuksesannya.

WowKeren - Ada banyak kemungkinan bahwa lagu-lagu K-Pop yang tergolong hits merupakan gubahan atau karya yang ditulis oleh penulis lagu asal Swedia. Bahkan banyak yang tidak menyadarinya, padahal penulis lagu asal Swedia menjadi lebih umum di industri K-Pop yang kini menjadi menarik untuk dibahas.

Salah satu penulis lagu Swedia, Cazzi Opeia yang telah menulis untuk artis K-Pop seperti TWICE, BTS (Bangtan Boys) dan yang terbaru, ENHYPEN memberikan informasi di balik proses pembuatan lagunya. Dia sering bekerja bersama sesama orang Swedia, Ellen Berg atau dikenal dengan nama Sunshine. Mereka menandatangani kontrak dengan EKKO Music Rights.

Bersama-sama mereka telah mengerjakan lagu-lagu seperti "Icy" yang dipopulerkan oleh ITZY. Mereka juga sering bekerja sama dengan Ludvig Evers dan Jonatan Gusmark yang juga dikenal sebagai Moonshine. Mereka berempat bekerja sama di Red Velvet "Peek-A-Boo" pada tahun 2017.

Tentunya penggemar K-Pop sudah familiar dengan format musik K-Pop non-tradisional. Biasanya ada beberapa bagian yang berbeda untuk menyanyi dan rap. Bukan hal yang aneh jika dua bagian lagu terdengar sangat berbeda. Bagi banyak penggemar, itulah daya tariknya.


Dan sang komposer Cazzi Opeia juga merasakan hal yang sama bahwa daya tarik musik K-Pop telah memiliki ciri khas sendiri. "Tidak ada aturan di K-Pop. Kita dapat memiliki tiga kait, satu demi satu, jika seorang penyanyinya mau. Ini bisa menjadi gila dan penuh warna, dan itulah yang paling menarik," ungkap Cazzi Opeia.

Lagu-lagu mereka tampak persis seperti itu, "gila" dan penuh warna. Sedangkan penulis lagu Korea Michelle Cho berpikir bahwa penulis lagu Swedia sangat pandai menulis lagu K-Pop karena pemahaman emosional mereka.

"Orang Swedia tampaknya memiliki pemahaman emosional tentang kami orang Korea. Mereka menulis melodi yang sepertinya sangat menyentuh emosi kita," ungkap Michelle Cho.

Benar atau tidak, penggemar K-Pop tampaknya menyukai lagu-lagu yang dibuat oleh penulis lagu Swedia. Alex Marshall menulis, "Orang Swedia menulis melodi yang sangat menarik, penggemar ingin menyanyikannya di pertunjukan stadion yang penuh sesak dan di bar karaoke lokal mereka."

Sementara itu, terlepas dari mana musisi penggubah lagu K-Pop berasal, nyatanya kini industri musik K-Pop terus menunjukkan kekuatannya di ranah internasional. Bahkan berkat industri musik, semua industri hiburan Korea Selatan telah menjadi sorotan dunia.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru