5 Kontroversi Arnold Putra, Desainer Muda Diduga Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia
Selebriti

Desainer Arnold Putra lagi-lagi tersandung kontroversi yang membuat namanya dihujat banyak orang. Sebelum kasus dugaan perdagangan organ manusia, Arnold juga terlibat sederet kontroversi ini.

WowKeren - Nama Arnold Putra tengah ramai diperbincangkan publik. Desainer muda asal Indonesia ini diduga terlibat dalam kasus perdagangan organ manusia.

Mengutip Vice World News, polisi Federal Brasil melaporkan ada paket tangan manusia dan tiga bungkus plasenta yang diduga telah dikirim dari Universitas Brasil ke perancang busana di Singapura. Paket itu diduga untuk perancang busana dan influencer Indonesia, Arnold Putra.

Terungkapnya kasus ini bermula saat polisi menggerebek laboratorium di Amazon State University pada Selasa (22/2/2022). Dari hasil penggeledahan, ditemukan organ-organ manusia yang diawetkan seorang profesor anatomi.

Polisi mengklaim laboratorium anatomi itu "melakukan ekstrasi cairan tubuh". Ini merupakan bagian dari proses plastinasi. Plastinasi sendiri adalah metode menggantikan cairan dan lemak tubuh dengan bahan seperti silikon. Metode ini dipercaya bisa mengawetkan bagian tubuh manusia.

Sebelum heboh kasus ini, desainer yang kini menetap di Los Angeles, Amerika Serikat itu sudah terlibat beberapa kontroversi lain. Berikut detailnya.

1. Tas Dari Tulang Manusia dan Lidah Buaya

5 5 Kontroversi Arnold Putra, Desainer Muda Diduga Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia

Source: Twitter

Tahun 2016 silam, Arnold mengejutkan publik dengan karya terbarunya berupa tas tangan yang terbuat dari tulang manusia dan lidah buaya. Tas tersebut dijual dengan harga $5000 atau setara dengan Rp78,6 juta dan diklaim sebagai "one-off piece by designer" karena hanya ada satu barang di dunia.

Lewat akun Instagram pribadinya, Arnold menjelaskan bahwa tas tangan tersebut terbuat dari tulang belakang seorang anak yang mengalami penyakit osteoporosis. Kendati demikian, aksi nekat Arnold ini menuai banyak kecaman.

Sementara menurut laporan New York Post, Arnold mendapatkan tulang belakang manusia dari sumber medis terpercaya di Kanada. Ia juga menjamin bahwa tulang belakang manusia tersebut didapatkan dari sumber yang benar dan memang menerima spesimen manusia yang disumbangkan untuk sains.

2. Diduga Beri Barang Palsu Untuk Suku Himba

5 5 Kontroversi Arnold Putra, Desainer Muda Diduga Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia

Source: Twitter

Arnold Putra tampaknya sangat tertarik dengan suku-suku konservatif di dunia. Ia kerap membawa barang mewah untuk ditukarkan dengan barang dari para penduduk suku pedalaman. Menurut Perwakilan dari The Unconventional, Arnold menukar barang-barang mewah tersebut dengan barang-barang yang dianggap berharga bagi para penduduk setempat.


Namun setelahnya, viral sebuah akun Twitter @SuperiorGab yang mengatakan bahwa Arnold kerap memberikan barang branded palsu kepada orang-orang pedalaman demi mendapatkan tulang manusia dan barang berharga lainnya. Cuitan tersebut sontak menuai banyak respon, beberapa komentar negatif mulai berdatangan dan menyerang Arnold. Meski sampai saat ini belum bisa dipastikan kebenaran dari cuitan tersebut.

3. Kenakan Busana Mirip Seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022

5 5 Kontroversi Arnold Putra, Desainer Muda Diduga Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia

Source: Twitter

Tahun 2022 ini, Arnold Putra langsung menjadi perhatian kala tampil sensasional ketika menghadiri Paris Fashion Week 2022. Hal itu lantaran busana yang dikenakan Arnold dianggap mirip dengan Seragam Pemuda Pancasila.

Beberapa pihak termasuk para netizen menganggap, gaya Arnold mencerminkan sebuah aksi kekejian dan penanganan masalah hak asasi manusia yang masih kurang di Indonesia. Sedangkan Ketua Satuan Pelajar-Mahasiswa Pemuda Pancasila justru mengapresiasi busana tersebut karena menurutnya, Arnold membawa ideologi Pancasila mendunia.

4. Duduk di Tumpukan Mumi

5 5 Kontroversi Arnold Putra, Desainer Muda Diduga Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia

Source: Twitter

Aksi kontroversial lainnya yang dilakukan Arnold Putra pernah dibagikan sang desainer di laman Instagram pribadinya. Di mana Arnold tampak menduduki tumpukan mumi saat berkunjung ke Pangala, Toraja Utara.

"Tidak menghormati mumi Indonesia selama ritual tahunan (mengintip jam tangan palsu)," kicau akun @SuperiorGab.

5. Dianggap Tidak Menghargai Agama Hindu

5 5 Kontroversi Arnold Putra, Desainer Muda Diduga Terseret Kasus Perdagangan Organ Manusia

Source: Twitter

Kontroversi terakhir yang juga tidak terlupakan oleh publik adalah saat Arnold Putra mengunjungi kawasan India. Arnold dianggap tidak menghormati agama Hindu karena berpose dengan memegang buku setan. Hal ini juga diungkap oleh akun Twitter @SuperiorGab.

Tak hanya itu, Arnold Putra juga disebut melabeli bagian tenggara India dengan nama "kuil setan". Sederet kontroversi menggegerkan yang dilakukan Arnold ini memang kerap membuat publik geram dan menyerangnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel