Pesawat Pilatus Tergelincir Hingga Tabrak Pemukiman Warga di Papua, Tak Ada Korban
https://smartaviation.co.id/
Nasional

Sebuah pesawat perintis mengalami kecelakaan, di mana gagal mendarat akibat tergelincir, hingga akhirnya menabrak pemukiman warga. Beruntungnya, tidak ada korban.

WowKeren - Kejadian tidak terduga menimpa sebuah pesawat jenis Pilatus yang diketahui milik dari Smart Cakrawala Aviation tergelincir di lapangan terbang perintis Kampung Bayabiru, Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu (26/2) hari ini. Mengenai rincian kejadian disampaikan oleh pihak kepolisian.

Kombes Ahmad Musthofa Kamal selaku Kepala Bidang Humas Polda Papua menuturkan bahwa pesawat yang tergelincir itu menabrak rumah warga. Adapun peristiwa ini terjadi secara tiba-tiba.

"Ketika sedang landing, tiba-tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit, serta baling-baling pesawat depan menabrak pemukiman penduduk yang berada di sekitar Lapter (lapangan terbang)," tutur Kamal kepada wartawan, Sabtu (26/2).

Lebih lanjut, Kamal menerangkan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.10 WIT (08.10 WIB). Pada saat kejadian, pesawat tersebut diketahui membawa empat orang penumpang yang diketahui identitasnya adalah Niko, Bongga, Derika, dan Arjuni, serta sejumlah barang bawaan lain.

Kamal mengungkapkan bahwa pesawat tersebut dikendarai oleh pilot David Alonso dan Kapten Febrian Sehatapi. Pada kala itu, pesawat hendak melakukan pendaratan, namun tergelincir dan akhirnya gagal.


"Akibat dari kecelakaan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut tidak terdapat korban, baik yang luka-luka maupun meninggal dunia," papar Kamal.

Kamal menambahkan landasan lapangan terbang itu diperkirakan tengah dalam kondisi licin karena hujan saat pesawat hendak mendarat. Selain itu, posisi landasan yang tidak rata dan menanjak juga memicu pesawat menjadi tergelincir.

Saat ini, kata Kamal, kasus pesawat tergelincir itu sudah ditangani oleh Sat Reskrim Polres Paniai. Kemudian kepolisian juga sudah mengevakuasi kru pesawat dan penumpang yang terdampak bencana tersebut dengan menggunakan helikopter dari Bayabiru untuk pergi ke Nabire.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres Paniai Kompol Abdus Syukur Felani mengatakan bahwa polisi telah mengamankan lokasi pesawat perintis tersebut yang tergelincir. Kemudian para kru dan penumpang pesawat juga telah dievakuasi.

"Langkah yang telah diambil antara lain mengamankan TKP tergelincirnya pesawat, melakukan evakuasi para kru pesawat, termasuk empat orang penumpang serta barang bawaan," tutur Abdus kepada detikcom, Sabtu (26/2).

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait