A&W Mau Tutup Semua Gerai di Thailand Akibat Terus Merugi Selama Pandemi COVID-19
Dunia

Tahun lalu saja, menurut laporan tahunan Konsumen Global gerai A&W di Thailand telah mengalami kerugian mencapai lebih dari 70 juta baht (sekitar Rp30 miliar).

WowKeren - Banyak industri telah terpukul oleh pandemi COVID-19 yang telah merebak sejak 2020 lalu. Tak terkecuali perusahaan makanan cepat saji yang juga tak lepas dari dampak tersebut.

Seperti yang terjadi pada raksasa makanan cepat saji Amerika A&W. Perusahaan ini akan menutup semua cabangnya di Thailand akibat kondisi ekonomi yang kian memburuk dikarenakan penyebaran COVID-19.

Menurut laporan Nation Thailand, Global Consumer Plc, yang memiliki waralaba Thailand, sedang mencari persetujuan dewan untuk menutup semua cabang di negara kerajaan tersebut. Sebanyak 24 restoran A&W akan ditutup secara bersamaan pada 20 Maret, kata kepala eksekutif Glocon Nopporn Phatthararuchi, namun lisensi untuk mengoperasikannya akan berakhir pada 31 Maret.

Tahun lalu saja, menurut laporan tahunan Konsumen Global gerai A&W di Thailand mengalami kerugian lebih dari 70 juta baht (sekitar Rp30 miliar). Kerugian tersebut diyakini berkaitan erat dengan kebijakan selama pandemi COVID-19 seperti lockdown dan perubahan perilaku pelanggan.


Sebagian besar cabang yang berlokasi di pusat perbelanjaan ditutup karena pandemi. Menurut sumber yang mengatakan kepada Nation Thailand, ada 3 rantai makanan besar saat ini yang sedang dalam tahap pembicaraan dengan Konsumen Global untuk membeli waralaba A&W. Yang mana, kesepakatan itu diperkirakan nilainya mencapai sekitar 500 juta baht dan akan selesai pada bulan ini.

Seorang perwakilan penjualan di sebuah restoran A&W di sebuah pompa bensin Bangkok mengatakan bahwa perusahaan telah memberi tahu staf sebelumnya tentang penutupan tersebut. Perusahaan juga membayar kompensasi sesuai dengan undang-undang perburuhan.

Sebagaimana diketahui, A&W merupakan rantai makanan cepat saji yang memulai usahanya sebagai kedai pinggir jalan di kota Lodi, California pada tahun 1919. Kedai sederhana itu kemudian menjadi restoran pada tahun 1923.

Cabang pertama dibuka di Sacramento. Pada tahun 1926, A&W dengan cepat berkembang menjadi waralaba. Rantai makanan ini sekarang memiliki sekitar 1.000 cabang di seluruh dunia. Sedangkan di Thailand, A&W membuka outlet pertamanya di pusat perbelanjaan Central Ladprao pada tahun 1983.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait