Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Ungkap Pengalaman Berbeda Kala Diminta Jadi Kepala-Wakil Kepala IKN
setkab.go.id
Nasional

Presiden Jokowi telah melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala IKN pada Kamis (10/3) kemarin.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (10/3). Jokowi juga turut Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Seusai pelantikan, Bambang dan Dhony mengungkapkan kisah mereka hingga akhirnya dipercaya Jokowi untuk memimpin IKN. Bambang mengungkapkan bahwa memang sudah ada diskusi awal dengan Jokowi terkait perannya sebagai Kepala Otorita IKN.

"Beliau (Presiden Jokowi) menginginkan kota ini menjadi kota percontohan. Tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga kalau bisa is a global city," papar Bambang dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis.

Bambang mengaku dihubungi sekitar dua minggu yang lalu terkait posisi sebagai Kepala Otorita IKN. "Baru kemarin sebetulnya kami menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kami di Asian Development Bank (ADB)," ungkap Bambang.


Mantan Wakil Menteri Perhubungan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut lantas meminta maaf kepada rekan media apabila ia sebelumnya tidak bisa memberikan respons hingga sebelum pelantikan. Mengingat dirinya masih terikat sebagai staf ADB.

"Kami baru minggu ini, awal minggu ini, sampai di Indonesia. Dan tentunya butuh waktu untuk mempelajari semua dokumen dan juga dalam saat yang bersamaan kami harus membangun institusi yang pada saat ini Otorita hanya kami berdua," paparnya.

Sementara itu, Dhony mengungkapkan pengalaman yang agak berbeda dari Bambang. Dhony mengaku dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno seminggu setelah kunjungan Presiden Jokowi ke tempat pengembangan pusat pertokoan baru di BSD.

"Setelah itu cukup panjang diskusi. Bagaimana dimintai pendapat-pendapat. Baru kemarin hari Rabu (9/3) ada perintah yang diminta saya untuk membantu mensukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara," terang Dhony.

Lebih lanjut, Dhony mengungkapkan bahwa dirinya telah menyiapkan pengunduran diri Sinar Mas Land dan perusahaan-perusahaan yang terkait pasca dilantik sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Dengan demikian, ia akan fokus untuk melaksanakan tugasnya di IKN.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru