Paspampres Siapkan Antibisa Ular Hingga Fogging saat Jokowi Kamping di IKN
Nasional

Paspampres telah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan situasi di wilayah IKN selama Presiden Joko Widodo kamping. Mereka juga bekerjasama dengan TNI dan polisi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo bersama para kepala daerah akan melaksanakan kegiatan berkemah alias kamping di wilayah Ibu Kota Negara Baru. Kehadiran Presiden dan para kepala daerah pun telah diantisipasi oleh segenap aparat. Termasuk Paspampres yang telah mempersiapkan sejumlah pengamanan untuk Presiden Jokowi di lahan IKN.

Pasukan Pengaman Presiden mempersiapkan berbagai kepentingan pengamanan ketika Presiden Joko Widodo berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara. Paspampres telah melakukan fogging, menyebarkan garam hingga antibisa ular untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Di sana juga kita laksanakan pencegahan malaria dan di-fogging. Lalu keamanan lainnya di sekitaran tenda-tenda, terutama di sekitar VIP, kita sebarkan garam dan sebagainya untuk antisipasi binatang melata. Dan kita siapkan bisa antiular yang akan berguna. Mudah-mudahan tak terpakai," ujar Komandan Paspampres, Mayjen Tri Budi Utomo, Minggu (13/3).

Tri Budi Utomo juga menyampaikan bahwa semua personel Paspampres nantinya akan bersiaga di ring 1 pengamanan. Sementara untuk pengamanan di ring 2 dan ring 3, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kodam Mulawarman dan Polda Kaltim.


Ia juga memastikan bahwa protokol kesehatan pencegahan COVID-19 bagi personel Paspampres akan tetap diterapkan untuk menjaga kesehatan presiden. "Semua personel yang masuk ke IKN harus melalui swab, jadi prokes tetap kita lakukan. Meski tempatnya di sekitaran hutan, tapi itu jadi protap," jelasnya..

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, mengungkap pihaknya akan mengerahkan 2.064 pasukan gabungan untuk melakukan penjagaan selama kunjungan Jokowi ke IKN. Teguh memastikan semua kemungkinan sudah diantisipasi, mulai dari saat keberangkatan hingga tiba di lokasi. Ia mengatakan, saat ini juga rawan perubahan cuaca di lokasi.

"Kami sudah gelar pasukan. Jumlah keseluruhan 2.064 orang dari TNI, kepolisian, dan pemda. Kegiatan besok pagi kami gelar pasukan, mulai Hotel Novotel sampai kegiatan di IKN," kata Teguh.

"Kami berharap selama kegiatan di IKN, cuaca bisa cerah. Kami jamin dengan pak Kapolda. Acara ini bisa berjalan aman lancar hingga Pak Presiden kembali ke Jakarta," pungkasnya.

Jokowi dijadwalkan berada IKN Nusantara selama tiga hari, mulai dari 13 hingga 15 Maret. Presiden akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi pembangunan Istana Negara.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait