Ma'ruf Amin Minta Masyarakat Untuk Booster, Bakal Jadi Syarat Mudik?
Nasional

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat Indonesia untuk segera melakukan vaksin booster. Ma'ruf Amin juga membahas kemungkinan booster bakal jadi syarat untuk mudik tahun ini.

WowKeren - Sebentar lagi masyarakat muslim Tanah Air akan menyambut bulan Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, masyarakat Indonesia tampaknya akan mendapat kabar baik soal mudik di tahun 2022 ini.

Pemerintah berencana menjadikan vaksin COVID-19 dosis lanjutan atau booster sebagai syarat perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Rencana itu disampaikan oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin menilai booster mampu menjadi paramater prasyarat baru. Seperti diketahui, saat ini pemerintah yang mulai meniadakan hasil pemeriksaan COVID-19 sebagai syarat perjalanan domestik sejak 8 Maret lalu.

"Dan kemudian juga booster. Bahkan nanti booster kita jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Sehingga tak perlu lagi ada semacam di tes PCR atau di Antigen," ujar Ma'ruf di Bandung dalam rekaman suara yang diterbitkan Setwapres, Senin (22/3).


Ma'ruf juga sekaligus mengingatkan warga untuk segera mengakses vaksinasi lengkap primer atau dua dosis. Vaksinasi merupakan salah satu upaya mewujudkan kekebalan komunitas dengan cara menciptakan antibodi yang tinggi terhadap COVID-19 di tengah masyarakat.

Di sisi lain, Ma'ruf Amin mengklaim jika pandemi COVID-19 di Indonesia sudah mulai menunjukkan tren penurunan kasus dan hampir bisa dikendalikan. Ma'ruf menyebut salah satu tolok ukurnya adalah bahwa protokol kesehatan di masjid kini mulai dilonggarkan lantaran kasus mulai terkendali. Meski begitu, Ma'ruf meminta agar penyelenggaraan ibadah tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Maka tempat ibadah pun sudah mulai diberikan kelonggaran dan sudah ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia untuk bisa menyelenggarakan ibadah seperti biasa," pungkasnya.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy juga telah memberi sinyal masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik pada lebaran 2022. Meski begitu, Muhadjir mengaku pemerintah masih merapikan terlebih dulu aturan terkait mudik tersebut.

Muhadjir Effendy juga menyebutkan bahwa warga yang diperbolehkan mudik bagi yang sudah melakukan vaksinasi lengkap 2 kali dan vaksin booster. Hal itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan mencegah masyarakat dari virus Corona.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait