Mulai 11 April 2022, Pemerintah AS Izinkan Pemohon Paspor Transgender: Ditandai Dengan 'X'
pexels.com/Spencer Davis
Dunia

Dalam setiap dokumen seperti paspor tentu saja memuat data diri pemilik, mulai dari nama hingga jenis kelamin. Terkait jenis kelamin, disebut menjadi hambatan bagi para transgender di AS.

WowKeren - Bagi para transgender di Amerika Serikat (AS) selama ini diketahui dibingungkan saat hendak mengisi kolom jenis kelamin saat mengajukan permohonan paspor. Namun kini para transgender di AS tidak perlu mengkhawatirkan hal ini lagi.

Pasalnya, mulai 11 April 2022 nanti, transgender di AS akan bisa memilih tanda "X" netral gender pada aplikasi paspor, yang artinya bukan pria atau wanita. Adapun hal ini diumumkan pemerintah AS pada Kamis (31/3).

Dengan begitu, artinya bahwa orang AS yang mengidentifikasi dirinya sebagai transgender akan bisa memilih tanda "X" pada aplikasi, terlepas dari jenis kelamin yang ditunjukkan pada akta kelahiran mereka atau dokumen resmi lain sebelumnya.

"Sudah terlalu lama, orang Amerika transgender, non-biner, dan gender non-conforming telah menghadapi hambatan signifikan untuk bepergian dengan aman dan banyak yang tidak menghormati identitas gender mereka saat mereka bepergian di AS dan di seluruh dunia," bunyi pernyataan Gedung Putih dilihat pada Jumat (1/4).


"Ini adalah langkah besar dalam mewujudkan komitmen presiden untuk memperluas akses ke dokumen identifikasi yang akurat untuk orang Amerika transgender dan non-biner," lanjut Gedung Putih.

Lebih lanjut, Gedung Putih juga mengatakan bahwa TSA, yang menjalankan keamanan di bandara, "bekerja sama dengan maskapai penerbangan di seluruh negeri untuk mempromosikan penggunaan dan penerimaan penanda gender 'X' untuk memastikan pemrosesan penumpang yang lebih efisien dan akurat".

Selanjutnya, Gedung Putih menyatakan bahwa ada dua maskapai penerbangan domestik besar telah menawarkan "opsi penanda gender ketiga" untuk pelancong yang melakukan reservasi dan satu lagi akan bergabung dengan mereka akhir tahun ini.

Sementara itu, TSA diketahui juga telah mengubah prosedur untuk "menghapus pertimbangan gender saat memvalidasi identifikasi pelancong di pos pemeriksaan keamanan bandara." Dengan begitu, para transgender AS pun tidak perlu lagi bingung saat mengisi kolom jenis kelamin, dan bisa bepergian ke negara yang diinginkan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait