Kinder Tarik Produk Cokelat di Eropa Karena Berisiko Terkontaminasi Bakteri Salmonella
Dunia

Pihak berwenang Inggris telah memperingatkan masyarakat tentang produk Kinder yang terkait dengan potensi wabah salmonella dan mengatakan jika perusahaan telah melakukan penarikan.

WowKeren - Produk cokelat Kinder menjadi salah satu yang banyak digemari oleh anak-anak. Namun di Eropa, produk tersebut justru ditarik dari peredaran. Pada Selasa (5/4) kelompok penganan Italia Ferrero mengatakan telah menarik telur cokelat Kinder di beberapa negara Eropa.

Hal itu dilakukan atas kemungkinan kaitannya dengan lusinan kasus salmonella kurang dari dua minggu sebelum Paskah. Ferrero mengatakan kepada AFP bahwa penarikan itu dilakukan sebagai langkah pencegahan meskipun tidak ada telur cokelat Kinder Surprise yang diisi mainan atau produk lain yang terbukti mengandung salmonella.

Ini berdampak pada produk dari pabrik Ferrero di kota Arlon, Belgia, yang dijual di Belgia, Inggris, Prancis, Jerman, dan Swedia. Sebelumnya pada Sabtu (2/4), pihak berwenang Inggris telah memperingatkan masyarakat tentang produk Kinder yang terkait dengan potensi wabah salmonella dan mengatakan jika perusahaan telah melakukan penarikan sebagai tindakan pencegahan.


Pada Selasa, seorang pejabat di Inggris mengatakan jika jumlah kasus salmonella di negara itu meningkat menjadi 63. Sedangkan di Prancis, 21 kasus telah dilaporkan dan 15 dilaporkan telah memakan produk Kinder yang kini telah ditarik, menurut layanan kesehatan masyarakat Prancis.

Adapun usia rata-rata mereka yang terkena adalah empat tahun. Sebagaimana diketahui, Salmonella adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala termasuk diare, demam, dan kram perut pada manusia, dan merupakan salah satu infeksi bawaan makanan yang paling umum.

Perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis di situs Prancisnya pada Senin (3/4) mengatakan, "Tidak ada produk Kinder kami yang beredar di pasaran yang terbukti positif salmonella dan kami belum menerima keluhan dari konsumen."

Juru bicara perusahaan mengatakan di Prancis penarikan total dilakukan pada beberapa ratus ton produk cokelat. Penarikan itu dilakukan pada telur cokelat susu Kinder Surprise 20 gram asli yang berisi kapsul plastik kecil dengan mainan di dalamnya, serta versi 100 gram yang lebih besar, dengan tanggal penjualan terakhir antara akhir Juni dan akhir Oktober 2022.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait