Birthday Spotlight: Happy Mingyu Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini hadir untuk merayakan ulang tahun Mingyu SEVENTEEN yang jatuh pada Rabu (6/4). WowKeren secara khusus akan mengulas tentang visual sekaligus rapper andalan grup tersebut.

WowKeren - Mingyu SEVENTEEN (II) baru saja merayakan ulang tahun ke-26 (perhitungan umur internasonal) yang jatuh pada Rabu (6/4). Kali ini Birthday Spotlight akan hadir menemani membaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup sang rapper di dalam grup tersebut.

Bagi penggemar K-Pop, sosok Mingyu tentunya sudah tidak asing lagi. Selain karena visual tampan, Mingyu juga dikenal sebagai rapper dan penulis lagu dari SEVENTEEN yang aktif memproduksi lagu hits. Pada Mei 2021 lalu, Mingyu bersama teman segrupnya Wonwoo berhasil menggandeng Lee Hi untuk memproduksi lagu "Bittersweet" yang sukses mencuri perhatian.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk intip perjalanan karier pemilik nama Kim Mingyu tersebt dari sebelum debut hingga menjadi salah satu member pentolan SEVENTEEN seperti sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Kim Mingyu lahir pada 6 April 1997 di Anyang, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Mingyu tumbuh sebagai sulung dari dua bersaudara, ia mempunyai seorang adik perempuan.

Saat Mingyu kelas 2 SMP, ia ditemukan oleh Pledis. Sejak tahun 2013, Mingyu bersama member SEVENTEEN lain muncul dalam sebuah program predebut "SEVENTEEN TV" di platform streaming UStream. Program ini terdiri dari beberapa musim di mana pelatihan para member ditunjukkan sebelum ditutup dengan konser Like Seventeen.

Selama trainee, Mingyu sempat beberapa kali muncul di MV grup seagensinya. MV tersebut antara lain "Face" milik NU'EST, "Venus" milik Hello Venus, "My Copycat" milik Orange Caramel dan "28,5" milik Bum Zu.

Sebelum resmi debut, Mingyu dan member lain muncul lagi di reality show "SEVENTEEN Project: Big Debut Plan" yang disiarkan MBC antara 2 sampai 26 Mei 2015 dan ditutup dengan showchase debut.

2. Debut


Debut

Mingyu debut bersama SEVENTEEN pada 26 Mei 2015 dalam acara showcase sebagai puncak "SEVENTEEN Project: Big Debut Plan". Acara ini menjadikan mereka sebagai boy grup K-Pop pertama yang melakukan showcase selama satu jam di saluran TV utama.

Tiga hari setelah showcase, SEVENTEEN merilis extended play (EP) "17 Carat". Album tersebut menjadi satu-satunya album rookie yang sukses menembus chart 10 Album K- Pop Terbaik 2015 Billboard. MV "Adore U" sebagai lagu utama album tersebut juga telah ditonton 37 juta kali.

Pada 10 September 2015, SEVENTEEN kembali merilis EP yang bertajuk "Boys B" dengan lagu utama "Mansae". Bukan hanya menjadi album rookie dengan penjualan tertinggi, mereka juga mendapatkan sejumlah penghargaan seperti Golden Disk Awards, Seoul Music Awards, dan Gaon Chart K-Pop.

Begitu sukses di awal debut, SEVENTEEN menjadi satu-satunya grup K-Pop yang masuk ke daftar 21 Under 21 2015: Music's Hottest Young Stars Billboard. SEVENTEEN menggelar konser pertamanya "2015 Like Seventeen" selama empat hari mulai 24 sampai 26 Desember sekaligus sebagai perayaan akhir tahun.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Puncak karier Mingyu bersama SEVENTEEN dimulai dari era album "You Make My Day" yang dirilis 2018 lalu. Meski sebelumnya SEVENTEEN telah secara konsisten merilis album dan bahkan sudah pernah menggelar tur dunia, "You Make My Day" telah meraih status platinum.

Pada Januari 2019, SEVENTEEN merilis "You Made My Day" kemudian lagu utama "Home" menjadi sangat populer dan memenangkan 10 trofi acara musik. Bahkan lagu ini membuat mereka mendapatkan dua triple crown. Kesuksesan mereka berlanjut saat merilis "An Ode" yang dianugerahi daesang 2019.

SEVENTEEN mendapatkan pengakuan internasional pada 2020. Mereka sukses menaklukkan Jepang dengan single "Fallin' Flower" yang berada di pundak Billboard's Japan Hot 100 Chart. Di tahun yang sama, mereka menggelar tur "Ode To You" yang digelar di 8 negara antara lain Korea Selatan, Jepang, Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, dan Filipina.

Masih di tahun 2020, SEVENTEEN meraih 1 juta penjualan album "Heng:garae" dalam kurun waktu kurang dari seminggu. "Heng:garae" berhasil duduk di peringkat 1 Oricon Weekly Album Chart yang menjadikannya boy grup asing pertama dalam 12 tahun setelah Backstreet Boys. Selanjutnya, album "Semicolon" yang dirilis pada 19 Oktober 2020 telah membuat SEVENTEEN menjadi berita utama.

Tahun 2021 juga menjadi tahun penuh kesuksesan SEVENTEEN. Mingyu dan kawan- kawan mulai melakukan promosi di AS dengan muncul di "The Late Late Late Show with James Corden".

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara

Meski belum pernah dikonfirmasi mengencani siapapun, kedekatan Mingyu dengan Jung Chaeyeon eks IOI sempat menjadi sorotan. Sama-sama lahir di tahun 1997, keduanya pernah bekerja sama sebagai MC "Inkigayo" bareng Song Kang sekitar 2018 hingga 2018.

Pada Februari 2019, Mingyu dan Chaeyeon menjadi topik perbincangan hangat karena interaksi mereka di Instagram. Padahal keduanya sedang merayakan ulang tahun pertama sebagai MC "Inkigayo". Momen lain yang mencuri perhatian adalah saat Chaeyeon menghalangi mobil Mingyu sebelum meninggalkan studio SBS.

Dengan interaksi yang begitu dekat antara idol laki-laki dan perempuan, banyak pihak mempertanyakan hubungan Mingyu dan Chaeyeon. Menepis rumor kencan antara mereka, baik Mingyu dan Chaeyeon menegaskan bahwa keduanya hanya berteman saja.

5. Kontroversi


Kontroversi

Mingyu sempat terlibat beberapa kontroversi yang cukup serius. Pada awal masa pandemi, Mingyu bersama dengan idol lain seperti Jungkook BTS (Bangtan Boys), Jaehyun NCT, dan Cha Eunwoo Astro terciduk nongkrong di Itaewon sebelum wilayan itu dinyatakan sebagai penyebarkan klaster COVID-19. Atas kontroversi tersebut, Mingyu dan yang lain sudah meminta maaf kepada publik.

Pada awal 2021, Mingyu dituduh melakukan bullying semasa sekolah. Setelah ditarik dari peredaran dan dilakukan investigasi, Pledis menjelaskan Mingyu telah bertemu dengan penuduh. Setelah berbicara secara langsung, mereka sepakat menyelsaikan masalah ini dengan berdamai dan berjanji untuk tidak lagi saling menyakiti.

Selain perilaku, Mingyu juga sempat terlibat kontroversi karena karyanya yang diunggah Chakan Frame. Dalam foto-foto unggahan perusahaan pembuat bingkai itu, kolase milik Mingyu memperlihatkan konten yang terlalu eksplisit.

Awal tahun ini, Mingyu sempat menjadi sorotan karena interaksi dengan seorang staf perempuan dianggap terlalu dekat. Pada 8 Maret, Mingyu memposting foto dirinya dengan hoodie merah dan emoji merah yang identik dengan partai konservatif jelang pemilu. Sehingga banyak pihak menuduh Mingyu adalah salah satu pendukung pihak misoginis dan aktif menyebarkan ide-ide anti feminis.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Saat ini, Mingyu bersama SEVENTEEN sedang mempersiapkan single terbaru bertajuk "Darl+ing" yang bakal segera dirilis pada 15 April mendatang. Single pra-rilis ini adalah salah satu rangkaian album studio lengkap mereka yang akan diluncurkan Mei mendatang.

Pada Jumat (8/4), SEVENTEEN telah merilis foto teaser masing-masing member. Rilisnya teaser satu demi satu menandakan mereka siap menyapa fans segera. Sebagai informasi "Darl+ing" nantinya akan dirilis menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, SEVENTEEN juga akan meluncurkan film yang akan ditayangkan di bioskop pada 20 dan 23 April. Film tersebut bertajuk "SEVENTEEN POWER OF LOVE : THE MOVIE" dan akan ditayangkan di seluruh dunia.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru