Durian Thailand yang Diekspor ke Tiongkok Mengandung Virus Corona di Kemasan
pixabay.com/Ilustrasi/ignartonosbg
Dunia

Virus corona dilaporkan ditemukan di truk dan permukaan kemasan. Namun, masih belum ada kejelasan mengapa ini bisa terjadi dan bagaimana infeksi itu dapat ditemukan.

WowKeren - Pengiriman buah durian yang diekspor dari Thailand ke Tiongkok dilaporkan terdeteksi mengandung virus corona. Pengiriman King of Fruits itu dilaporkan terinfeksi di perbatasan Mohan Tiongkok, langsung di perbatasan Laos dan Tiongkok.

Hal itu mengakibatkan adanya pembatasan transportasi antara Selasa dan Kamis. Virus corona dilaporkan ditemukan di truk dan permukaan kemasan. Namun, masih belum ada kejelasan mengapa ini bisa terjadi dan bagaimana infeksi itu dapat ditemukan.

Setelah tanda-tanda virus corona terdeteksi di permukaan kotak durian Thailand, pengiriman ke Tiongkok dihentikan selama 3 hari. Perusahaan di industri ekspor buah Thailand telah disarankan untuk mengikuti pedoman COVID-19 yang ketat.

Gubernur Chanthaburi di Thailand timur, Suthee Thongyaem, telah memerintahkan pedagang buah untuk bekerja sama dengan langkah-langkah pengendalian penyakit dan karyawan harus terus melakukan tes COVID-19. Jika diketahui ada yang positif maka harus dilakukan jeda selama beberapa hari.


"Pemeriksaan rutin COVID-9 terhadap karyawan harus dilakukan oleh pihak berwenang sebelum dilakukan pengiriman," katanya. "Jika ada infeksi, disarankan jeda tiga hari."

Komite pengendalian penyakit provinsi juga ikut turun tangan. Mereka akan mengizinkan penutupan beberapa fasilitas pengepakan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menahan dugaan infeksi.

Direktur Kantor Penelitian dan Pengembangan Pertanian di Wilayah 6, Chonlatee Numnoo, mengatakan jika sekitar 25.000 ton durian dirikim ke Tiongkok, yang mana jumlah itu setara dengan 4 persen total produksi. Durian-durian itu membutuhkan aturan dan regulasi yang ketat sebelum diekspor ke sana.

"Beberapa instansi harus memperkuat regulasi COVID-19," kata Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand, Chalermchai Sri-on. "Untuk mencegah masalah di masa depan, terutama durian yang dihentikan impornya ke Tiongkok."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait