Birthday Spotlight: Happy Sehun Day
Selebriti

Sehun merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut perhitungan Korea) pada 12 April lalu. Simak perjalanan karir pelantun 'Obsession' tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Sehun EXO.

Suho merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 12 April lalu. Pemilik nama lengkap Oh Sehun tersebut juga dikenal sebagai rapper, penyanyi, penulis lagu, aktor, model, dan dancer.

Selain kegiatan grupnya, Sehun juga membintangi berbagai drama televisi dan film seperti "Secret Queen Makers" (2018) dan "Dokgo Rewind" (2018). Dia juga menjadi cast variety show "Busted!" sejak 2018. Simak perjalanan karir Sehun mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Sehun lahir di Jungnang-gu, Seoul, Korea Selatan, pada 12 April 1994. Dia memiliki kakak laki-laki yang tiga tahun lebih tua darinya. Sehun lulus dari School of Performing Arts Seoul pada Februari 2013, setahun setelah debut sebagai member EXO.

Sehun pertama kali direkrut oleh agen casting SM Entertainment pada usia 12 tahun saat dia keluar untuk makan siang dengan teman-teman, dia akhirnya dicasting ke SM Entertainment pada tahun 2008. Dia menjalani empat audisi dalam dua tahun dan menjadi member EXO kelima yang diperkenalkan secara resmi ke publik. Grup ini memulai debut mereka dengan mini album "MAMA" pada April 2012.

2. Debut


Debut

Sehun secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K pada 15 Februari 2012 dan EXO debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-K menjalani kegiatan promosi selama kurang lebih dua bulan, namun lagu debut mereka yang berjudul sama kurang mendapat tanggapan hangat dari publik.

Meski begitu, baik EXO-K maupun "grup kembaran" mereka, EXO-M, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. D.O. dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada Februari 2016, Sehun menerima Weibo Star Award yang dipilih oleh pengguna situs jejaring sosial Tiongkok Sina Weibo di Penghargaan K-Pop Gaon Chart ke-5. Pada bulan Maret 2016, Sehun berperan sebagai pemeran utama pria dalam film Korea-Tiongkok "Catman".

Pada bulan Juli 2016, Sehun diumumkan akan membintangi sebagai pemeran utama pria dalam web drama Korea-Tiongkok berjudul "Dear Archimedes", yang mulai ditayangkan pada 2019. Pada bulan September 2017, Sehun menjadi anggota pemeran tetap dalam variety show Netflix "Busted!".

Pada Februari 2018, Sehun berperan dalam web drama aksi "Dokgo Rewind" sebagai pemeran utama pria. Pada Mei 2018, diumumkan bahwa Sehun akan membintangi web drama "Secret Queen Makers" yang diproduksi oleh Lotte Duty Free. Pada 14 September 2018, Sehun dan Chanyeol merilis single kolaborasi, "We Young", untuk SM Station X 0.

Pada 28 Juni 2019, dipastikan bahwa Sehun dan Chanyeol sedang bersiap untuk debut sebagai sub-unit kedua grup tersebut, EXO-SC. Mereka merilis mini album pertama mereka, "What a Life", pada 22 Juli 2019.

Pada 24 Mei 2020, Sehun menjadi juru bicara merek baru Dr. Jart+ di Tiongkok. Setelah menjadi juru bicara merek tersebut, Dr. Jart+ mencapai penjualan tertinggi yang pernah ada selama festival belanja tengah tahun Tiongkok dan set masker terbatas Sehun terjual 20 ribu keping dalam sembilan menit.

Pada tahun 2021, Sehun film fantasi "Catman" dirilis dan menjadi salah satu karya pertama yang dirilis di Tiongkok yang melibatkan bintang Korea Selatan setelah pembatasan Korean Wave di Tiongkok. Kemudian pada tahun yang sama, ia memainkan peran pendukung dalam drama SBS "Now, We Are Breaking Up". Pada 2022, Sehun membuat debut bioskopnya di film "The Pirates: The Last Royal Treasure".

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama berkarier sebagai idol, Sehun belum pernah ditimpa kontroversi mulai debut hingga sekarang, baik skandal kencan maupun perilaku. Ia justru dipuji sebagai sosok yang baik kepada orang di sekitarnya, mulai staf hingga pemilik coffee shop langganannya.

Meski begitu, Sehun pernah dikritik sebagai member EXO dengan kemampuan menyanyi paling kurang dibanding yang lain. Hingga kini, haters masih menyoroti fakta bahwa dirinya belum memiliki album solo dan mengkritik kemampuan vokalnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Banyak penggemar mengharapkan album solo Sehun, mengingat dia salah satu member EXO yang belum debut solo. Karena belum ada kepastian apa pun tentang hal ini, penggemar nampaknya masih masih bersabar lagi untuk melihat Sehun debut sebagai solois.

Di tahun ini, Sehun dipastikan akan aktif sebagai member EXOdi mana boy grup tersebut akan comeback dengan album baru seiring dengan kembalinya Suho sang leader dari wajib militer. Apa kalian juga menantikan comeback EXO? Kita tunggu sama-sama, ya.


Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru