Ada UGM, Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Diharapkan Hadir di IKN Nusantara
Instagram/ugm.yogyakarta
Nasional

UGM menyampaikan ketertarikan untuk bekerja sama membangun kampus di kawasan IKN Nusantara. Perguruan Tinggi terbaik Indonesia yang lain pun diharapkan ikut hadir di IKN.

WowKeren - Kawasan IKN Nusantara direncanakan sebagai pusat pemerintahan yang baru dengan konsep kawasan elit. Untuk itu, fasilitas pendidikan terbaik pun jadi salah satu yang ikut dipertimbangkan untuk hadir di IKN Nusantara.

Universitas Gadjah Mada atau UGM sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia pun menaruh minat di IKN Nusantara. UGM melirik kawasan IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk membangun kampus, sebagai upaya pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Panut mengungkap bahwa kesepakatan bersama dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat tersebut untuk mendukung dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) seiring pemindahan IKN Indonesia.

"Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," ujar Panut di Penajam, Senin (18/4)

Panut menyebut UGM mampu memberikan warna dalam perkembangan pusat pendidikan dan peradaban baru seiring perkembangan IKN Indonesia baru bernama Nusantara. Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Penajam Paser Utara juga turut menarik perguruan-perguruan tinggi lain untuk bisa ikut hadir di IKN.


"Kami mendorong universitas atau perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk bisa hadir di IKN Nusantara," ucap Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang.

Nicko menilai, dengan regulasi yang ada memungkinkan universitas atau perguruan tinggi tersebut hadir di seluruh wilayah di Indonesia. Kehadiran universitas atau perguruan tinggi di IKN Nusantara bertujuan agar kawasan tersebut tidak hanya sebagai wilayah administrasi yang mengatur negara, tetapi juga menjadi pusat pendidikan.

"Kalau ada universitas atau perguruan tinggi terbaik di IKN Nusantara, anak-anak yang berada di Kalimantan dan wilayah timur dapat menikmati pendidikan dengan biaya murah karena tidak harus ke Pulau Jawa," terangnya.

Dia berharap rencana tata ruang wilayah IKN Nusantara juga menyediakan lokasi untuk universitas atau perguruan tinggi terbaik di Indonesia membangun kampus, sehingga akses pendidikan tinggi dapat merata.

"Badan Otorita diharapkan bisa menyediakan lokasi untuk sentra pengembangan pendidikan, penelitian dan teknologi di IKN Nusantara," pungkas Nicko Herlambang.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru