Pembelian BBM di Rest Area Bakal Dibatasi Demi Antisipasi Kepadatan Arus Balik
Unsplash/Durmuş Kavcıoğlu
Nasional

Pertamina memastikan ketersediaan BBM selama arus balik. Menurut Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono, pemudik yang mengikuti arus balik tak perlu mengkhawatirkan kelangkaan BBM.

WowKeren - Pembelian BBM di rest area jalan tol akan dibatasi selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Adapun kebijakan ini diterapkan demi mengurangi antrean di SPBU yang berpotensi menimbulkan kepadatan di rest area.

"Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU," ungkap General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business (JMRB), Meta Herlina Puspitaningtyas, dalam keterangan tertulis. "Jika hal tersebut masih belum berdampak, petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri."

Meta juga mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi arus mudik, pihaknya akan meningkatkan pelayanan di arus balik dengan cara menambah petugas rest area untuk membantu menunjukkan arah kepada pengunjung. Penambahan petugas tersebut juga bertujuan untuk memastikan ketersediaan parkir dan menertibkan kendaraan di area parkir.

"Hasil evaluasi kami pada arus mudik kemarin, masih banyak pengunjung yang kebingungan ketika mencari fasilitas rest area, salah satunya adalah toilet," jelasnya. "Maka dari itu, kami menambah petugas rest area untuk mengarahkan pengunjung yang hendak menuju fasilitas tertentu. Meski begitu, kami pun telah menempatkan petunjuk arah yang jelas di titik-titik strategis."


Sementara itu, PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan BBM pasca Lebaran 2022. Menurut Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono, pemudik yang mengikuti arus balik tak perlu mengkhawatirkan kelangkaan BBM.

"Dari pantauan di lapangan, semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) siap dengan ketersediaan BBM yang dinilai dalam kondisi aman. Kami sudah lakukan pengecekan mulai dari H+1 Lebaran dalam rangka persiapan arus balik," terang Mulyono dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa para pekerja Pertamina di lapangan dan SPBU yang terletak di jalur mudik sepanjang pulau Jawa telah siap. Mereka memastikan bahwa ketersediaan BBM selama perjalanan arus mudik dan balik aman.

"Stok SPBU telah dijaga minimal 80 persen kapasitas tangki timbun, dan kami juga sudah siapkan SPBU kantong, yakni mobil tangki yang sudah terisi BBM yang siaga jika dibutuhkan," ujarnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait