Bayi Usia 8 Bulan Probable Hepatitis Misterius di Medan Meninggal, Kasus Kematian Meningkat
Unsplash/Omar Lopez
Nasional
Kasus Hepatitis Misterius

Kasus kematian pada anak-anak akibat hepatitis akut misterius tampaknya semakin meningkat. Terbaru, bayi usia 8 bulan yang probable hepatitis akut misterius di Medan, meninggal.

WowKeren - Kasus hepatitis akut misterius belakangan ini tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, penyakit ini bisa menyerang anak-anak hingga menyebabkan kematian.

Seperti yang terjadi pada bayi usia delapan bulan, probable hepatitis akut misterius. Bayi ini diketahui dirawat di RSUP H Adam Malik, Medan, Sumatera Utara. Namun kini telah dinyatakan meninggal dunia.

Bayi asal Kabupaten Deliserdang itu dinyatakan meninggal dunia setelah sepekan dirawat di ruang pediatric intensive care unit (PICU). Sementara itu, Ketua Tim Penanganan Pasien Hepatitis Misterius RS Adam Malik Medan, Ade Rachmat Yudiyanto mengatakan bahwa bayi bernama Eliyana itu meninggal pada 14 Mei 2022, sekitar pukul 20.00 WIB.

Ade mengatakan kondisi bayi terus mengalami perburukan. "Foto darah bayi dilakukan tanggal 9 Mei dan hasilnya keluar tanggal 13 Mei 2022, keluar dengan hasil ditemukan ada kuman bakteri, yang dianggap sebagai penyebab keadaan pasien ini," ujar Ade dalam keterangannya, Selasa (17/5).



Lebih lanjut, Ade menerangkan bahwa hasil diagnosa pasien meninggal itu dikarenakan gagal nafas, oleh karena ada radang pada paru-parunya. Selain itu, ada gangguan sirkulasi pada jantungnya, yang dikarenakan oleh bakteri.

Kemudian, kata Ade, bayi tersebut juga mengalami infeksi bakteri berat dan adanya gagal jantung. "Jadi dalam suatu perawatan intensif, kita selalu berpikir ada stabilisasi, jadi bisa disembuhkan stabil atau tidak stabil," jelas Ade.

Selanjutnya, Ade menambahkan bahwa bakteri tersebut masuk ke tubuh bayi dari udara, makanan, dan luka. Kemudian ada hal yang tidak terduga, sebab penyakit yang dialami bayi tersebut cukup berat.

Sementara itu, pihak berwenang di bidang kesehatan di seluruh dunia terus melakukan penyelidikan mengenai kematian anak-anak karena hepatitis. Hingga saat ini, jumlah korban meninggal karena hepatitis akut misterius mencapai 450 orang.

Hepatitis sendiri merupakan gejala pembengkakan hati yang disebabkan oleh infeksi virus dan jarang menyerang anak-anak sehat. Di samping itu, para pakar hingga saat ini masih terus mendalami dan meneliti penyebab dari hepatitis akut misterius tersebut.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts