Jessica Jung Nyanyi Live, Vokal dan Pengucapan Bahasa Mandarin Tuai Kritik
Musik

Pemirsa mengeluh bahwa kemampuan menyanyi Jessica dan pengucapan bahasa Mandarinnya sama-sama buruk. Ia memiliki teknik vokal yang lebih cocok untuk lagu-lagu bahasa Inggris, menurut mereka.

WowKeren - Setelah merilis MV lagu temanya, acara Tiongkok "Sisters Who Make Waves" season 3 baru saja merilis video performance dari para kontestannya. Di antara mereka semua, Jessica Jung menjadi pembicaraan dengan menyanyikan "Down in Sandbar" oleh Lala Hsu.

Meskipun video performance Jessica berdurasi kurang dari 1 menit, video itu menarik ribuan penonton dan menjadi topik hangat di kalangan netizen. Namun, perhatian yang diterima penyanyi kelahiran 1989 itu tidak semuanya positif.

Pemirsa mengeluh bahwa kemampuan menyanyi Jessica dan pengucapan bahasa Mandarinnya sama-sama buruk. Mantan member Girls' Generation itu memiliki teknik vokal yang lebih cocok untuk lagu-lagu bahasa Inggris, menurut mereka.

Meski begitu, ada beberapa netizen yang membela Jessica. Mereka memahami bahwa sulit untuk bernyanyi dalam bahasa yang bukan bahasa ibu dan bahasa yang dikuasai, apalagi bahasa Mandarin.



"Lagu-lagu Mandarin sangat sulit untuk dinyanyikan. Karena lagunya kebanyakan balada emosional, kamu harus memiliki suara yang kuat dan bergema. Warna vokal unik Jessica tidak cocok untuk jenis lagu seperti ini. Ini cukup menyedihkan, Jessica adalah vokalis yang kuat saat di SNSD, tapi dia mungkin terlalu sibuk dengan perusahaannya dan tidak punya waktu untuk berlatih. Sudah merupakan keajaiban bahwa suaranya tidak semakin buruk," komentar netizen.

"Untuk beberapa alasan, hanya orang Tionghoa yang bisa menyanyikan lagu-lagu Mandarin dengan baik, penyampaian dan emosi mereka selalu lebih baik. Tetapi sama halnya, orang-orang Tionghoa tidak dapat melakukannya dengan baik dalam hal lagu-lagu berbahasa Inggris," kata netizen lainnya.

"Bernyanyi dalam bahasa Mandarin sangat sulit. Secara pribadi aku merasa bahasa Inggris adalah yang paling mudah untuk dinyanyikan. Sedangkan jika kamu bukan orang Tionghoa, lagu-lagu Mandarin terasa seperti tantangan besar. Ini terjadi pada semua orang, bukan hanya Jessica," ujar netizen.

"Suara unik yang memang memiliki teknik. Tapi Jessica lebih baik menyanyikan lagu-lagu pop dalam girl grup daripada balada solo secara keseluruhan. Suaranya di sini sama emosionalnya dengan batu bata," imbuh yang lain.

(wk/dewi)


You can share this post!


Related Posts