Car Free Day Jakarta Kembali Mulai Digelar Pada 22 Mei 2022, Simak Arus Lalin yang Dialihkan
Unsplash/Fadhila Nurhakim
Nasional

CFD di Jakarta kembali dibuka mulai Minggu (22/5) besok, seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia. CFD ini pun akan digelar di 6 titik atau lokasi Ibu Kota.

WowKeren - Seiring dengan menurutnnya angka kasus COVID-19 di Indonesia, pemerintah kini memberikan sejumlah pelonggaran. Menindaklanjuti pelonggaran dari pemerintah, Pemprov DKI Jakarta pun diketahui akan mulai menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) kembali pada Minggu (22/5) besok.

Pelaksanaan CFD itu sendiri juga telah diumumkan langsung oleh Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya, @dkijakarta. Adapun kegiatan ini akan mulai diberlakukan mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas udara di Jakarta, kini HBKB atau CFD akan kembali dilaksanakan mulai Minggu, 22 Mei 2022, pukul 06.00 - 10.00 WIB," tulis Pemprov DKI Jakarta di Instagram, dilihat pada Sabtu (21/5).

Dalam keterangan tersebut, ada enam titik atau lokasi yang akan menjadi tempat CFD di Jakarta. Pertama adalah Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya sampai Patung Pemuda Membangun).

Kedua adalah Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sampai CSW), Jakarta Selatan. Selanjutnya, Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat.

Kemudian, Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sampai GOR Sunter), Jakarta Utara. Kelima adalah Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sampai Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat. Terakhir, Jalan Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-Gas), Jakarta Timur.


Mengingat adanya penyelenggaraan CFD di Jakarta, maka pihak kepolisian melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan yang menjadi titik HBKB.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam mengatakan pengalihan arus lalin yang pertama yakni di titik CFD Sudirman-Thamrin. Kendaraan yang melintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan MH Thamrin nantinya akan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sementara untuk arus dari Jalan H. Agus Salim menuju MH Thamrin, kata Jamal, akan dibelokkan ke Jalan Kebon Sirih. Kemudian untuk lokasi CFD di Tomang Raya dan Suryopranoto, kendaraan yang akan menuju Tomang Raya, dari jalan Ir Juanda nantinya akan dibelokkan ke arah Jalan Hasyim Ashari, begitu juga dengan yang mengarah ke Tanah Abang.

Jamal menuturkan untuk titik CFD di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, untuk kendaraan dari arah Bekasi menuju Jalan Pemuda akan diteruskan ke arah Terminal Pulogadung.

Selain itu, Jamal mengatakan kepolisian nantinya juga akan menutup beberapa ruas jalan yang mengarah ke Simpang Pemuda. Dari Jalan Pramuka ke Jalan Pemuda, akan dialihkan ke kanan ke arah Jalan Ahmad Yani, dan dari Jalan Ahmad ke Pramuka akan diluruskan ke arah Cililitan.

Terakhir, Jamal menerangkan untuk lokasi CFD di Danau Sunter, kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas, mulai dari Simpang Karya Beton sampai dengan GOR Sunter.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru